Tampilkan di aplikasi

Terobosan Iveco di segmen on-road trucks

Majalah Equipment Indonesia - Edisi Okt-Nov 2019
15 Oktober 2019

Majalah Equipment Indonesia - Edisi Okt-Nov 2019

Rudhi Wibawa Rusadi selaku Commercial Division Head PT. Chakra Jawara (tengah) didampingi tim sales bersama dua unit truk Iveco pada acara Mining Indonesia 2019 di Jakarta International Expo Kemayoran, Rabu (18/9)

Equipment Indonesia
Truk Iveco yang selama ini identik dengan heavy duty trucks atau truk tambang, dalam beberapa tahun terakhir mulai membidik pasar lain di segmen on-road. Pergeseran itu dilakukan seiring dengan gejolak industri tambang, khususnya batu bara, selama sekitar tiga tahun belakangan. Harga batu bara yang terus menurun menyebabkan kegiatan produksi semakin berkurang. Akibatnya, penjualan alat-alat tambang ikut lesu.

“Volume penjualan heavy duty trucks buatan Eropa mengikuti pergerakan harga batu bara. Kalau harga batu bara naik, penjualan truk ikut naik. Sebaliknya, jika harga batu bara turun, penjualan truk ikut turun. Pada tahun 2019 ini harga batubara sudah lebih rendah dari tahun 2017, sehingga tidak mengherankan kalau penjualan truk-truk Eropa pun makin merosot,” kata Rudhi Wibawa Rusadi, Commercial Division Head PT. Chakra Jawara kepada Equipment Indonesia, Rabu (18/9/2019).

Berdasarkan data PT. Chakra Jawara, hingga Agustus 2019, penjualan truk Eropa turun hingga 30 persen. Tahun lalu total penjualan di angka 1900. Penjualan tahun ini diprediksikan di kisaran 1300 hingga 1400 unit. PT. Chakra Jawara adalah distributor tunggal truk Iveco di Indonesia. Truk-truk asal Italia ini masih 100 persen CBU (Completely Build Up). Sebagian besar truk-truk Iveco main di off-road, terutama di sektor pertambangan.

Sebab itu, tidak mengherankan jika penjualan produk-produk Iveco ini lebih banyak dipengaruhi oleh kondisi bisnis batu bara atau tambang. Menariknya, menurut Rudhi, pada tahun ini penjualan kelas off-road dengan GVW di atas 24 ton juga turun.

Data terakhir menunjukkan, truk-truk Jepang yang GVW di atas 24 ton juga masuk di pertambangan, terutama di tambang-tambang kecil yang hauling-nya tidak terlalu jauh. Begitu harga batu bara turun, mereka juga terkena dampaknya.
Majalah Equipment Indonesia di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI