Menyiapkan dana untuk berbisnis rumahan

Majalah Family Guide - Edisi 47/2018
19 Februari 2018

Majalah Family Guide - Edisi 47/2018

Menjalankan usaha rumahan kini menjadi pilihan yang cukup popular di masyarakat. Selain bisa membantu menopang keuangan keluarga, bisnis rumahan umumnya tak membutuhkan modal besar. Lalu, bagaimana caranya menyiapkan atau mencari dana untuk modal berbisnis? – Yeni Umardin

Family Guide
Menjalankan usaha rumahan kini menjadi pilihan yang cukup popular di masyarakat. Selain bisa membantu menopang keuangan keluarga, bisnis rumahan umumnya tak membutuhkan modal besar. Lalu, bagaimana caranya menyiapkan atau mencari dana untuk modal berbisnis? Memiliki usaha sendiri memang mempunyai banyak kelebihan.

Selain dapat membantu perekonomian keluarga, dengan memiliki usaha sendiri kita bebas menentukan manajemen dan waktu kerja. Selain itu bisnis rumahan yang kita kelola bisa menjadi usaha sampingan tanpa harus mengganggu pekerjaan utama bagi mereka yang sudah bekerja. Untuk bisa memulai usaha sendiri, yang paling dibutuhkan secara mendasar adalah modal atau dana untuk membangun dan menjalankan bisnis.

Tips dan trik memulai usaha rumahan

1. Menentukan usaha dengan target pasar penghuni sekitar rumah Ada banyak usaha dengan target pembeli orang di sekitar lingkungan kita. Sebelum memulai usaha, pahami daya beli dan kebutuhan para calon pembeli. Contoh usaha antara lain kios pulsa, laundry, salon atau pangkas rambut, warung kelontong, kedai nasi uduk dan sebagainya.

2. Manajemen keuangan yang baik Jika Anda tak punya latar belakang pendidikan manajemen, namun Anda bisa belajar manajemen dari banyak sumber, seperti buku atau internet. Pelajari manajemen keuangan yang sederhana, seperti pembukuan, gaji dan sebagainya. Dengan manajemen yang baik arus keuangan usaha Anda akan terkelola dengan baik. Sehingga tidak mengalami kondisi uang keluar lebih besar daripada uang yang masuk.

3. Rekrut karyawan yang tepat Jika usaha mulai terasa ada peningkatan, rekrutlah karyawan untuk membantu Anda. Lakukan dengan hati-hati dan tidak tergesa-gesa. Karyawan yang baik juga merupakan asset penting usaha Anda.

4. Menjaga kualitas Entah itu berupa produk atau jasa yang Anda tawarkan, konsumen tentunya hanya ingin yang terbaik. Karenanya Anda harus menjaga dan mengutamakan kualitas produk yang Anda tawarkan.

Majalah Family Guide dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI