Ketika harus mengasuh anak seorang diri

Majalah Family Guide - Edisi 48/2018
5 Maret 2018

Majalah Family Guide - Edisi 48/2018

Sebagai orangtua tunggal, Anda bertanggung jawab penuh atas semua aspek dalam merawat dan mengasuh anak sehari-hari.

Family Guide
Menjadi orangtua tunggal adalah salah satu tantangan terbesar dalam kehidupan. Membesarkan anak-anak seorang diri memang tidak mudah. Ada begitu banyak tekanan. Lalu, bagaimana cara ibu tunggal mengasuh dan membesarkan anak agar tumbuh sehat dan bahagia?

Dalam kondisi apapun, membesarkan anak-anak memang bukan urusan mudah. Terlebih jika harus membesarkan mereka seorang diri, tingkat kesulitannya tentu lebih tinggi. Sebagai orangtua tunggal, Anda bertanggung jawab penuh atas semua aspek dalam merawat dan mengasuh anak sehari-hari. Menjadi ibu tunggal, Anda mungkin menghadapi tantangan sebagai berikut:

1. Berkurangnya waktu mengasuh anak, sebab umumnya orangtua tunggal juga harus bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya.

2. Muncul atau bertambahnya tekanan psikologis pada ibu tunggal yang bisa menyebabkan stress, depresi dan kelelahan.

3. Timbulnya masalah perilaku anak, karena orangtua tunggal terlalu lelah secara emosi dalam mendisiplinkan anak, sehingga tidak konsisten dalam menerapkan aturan atau kedisiplinan.

4. Kurangnya figur salah sat u orangtua untuk anakanak. Lalu bagaimana cara mengasuh anak-anak bagi single parent agar anak-anak bisa tumbuh dengan sehat dan bahagia, serta meminimalisasi munculnya permasalahan yang umumnya dihadapi oleh ibu tunggal? Berikut tipsnya:

1. Tunjukkan Cinta dan Perhatian. Anak-anak membutuhkan perhatian, kasih sayang dan sentuhan fisik dari orangtuanya. Curahkan kasih sayang dan dukungan tanpa syarat pada mereka. Mungkin Anda tidak bisa mencurahkan perhatian penuh pada mereka setiap saat, namun Anda bisa memberi penghargaan atas kesabaran dan pengertian mereka. Sisihkan waktu untuk bermain ngobrol atau bercengkrama bersama anak-anak Anda.

2. Membuat Rutinitas Ciptakan rutinitas setiap hari, agar anak-anak mengetahui apa saja yang harus dikerjakannya. Misalnya, membuat jadwal bangun pagi, waktu makan, tidur dan belajar setiap harinya. Hal ini akan membantu meringankan tugas Anda.

Majalah Family Guide dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI