Alasan bayi menolak menyusu

Majalah Family Guide - Edisi 48/2018
5 Maret 2018

Majalah Family Guide - Edisi 48/2018

Bagi orangtua baru, terutama ibu, akan sangat membingungkan jika bayi menolak menyusu.

Family Guide
Pastinya penolakan menyusu dari bayi menimbulkan perasaan sangat tertekan pada ibu dan bayi. Untuk itu, kita harus mengetahui dan mencari solusi, apa saja penyebabnya sehingga bayi menolak menyusu dan cara agar ibu dan bayinya tetap dapat menikmati kegiatan menyusui kembali. Berikut penyebab bayi menolak menyusu:

Bayi sakit, kesakitan atau dibawah pengaruh obat Bayi kadang menolak disusui sejak lahir, atau beberapa minggu setelah dilahirkan. Ada banyak penyebab yang terjadi kenapa para bayi ini menolak untuk menyusu, misalnya:

• Bayi sakit karena proses persalinan yang sulit (seperti kerusakan otak) atau infeksi.
• Kondisi bayi yang mungkin tidak melekat ke payudara dan tidak menyusui sama sekali.
• Bayi mungkin lemah karena kekurangan nutrisi.
• Bayi mengalami rasa sakit pada daerah tertentu, seperti memar di kepala akibat persalinan dengan bantuan ekstraksi vakum. Sebaiknya saat menyusui tidak menekan bagian tubuh yang sakit.
• Pengaruh dari obat yang diberikan kepada ibu selama persalinan.
• Pengaruh dari obat yang ibu konsumsi untuk perawatan psikiatri atau epilepsi.

Kesulitan dengan teknik menyusui Sesungguhnya, memahami teknik menyusui (dengan pelekatan yang baik) merupakan hal yang mendasar dan sangat penting untuk dilakukan. Sebaiknya hal ini sudah dipelajari oleh calon ibu sejak usia kehamilan 7 bulan.

Kesalahan dalam teknik menyusui akan menyebabkan bayi tidak menyusui dengan sempurna, dan hal ini akan berdampak kurangnya asupan yang diperoleh oleh bayi dan membuat bayi frustasi.

Majalah Family Guide dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI