Serunya mengasuh bayi kembar

Majalah Family Guide - Edisi 48/2018
5 Maret 2018

Majalah Family Guide - Edisi 48/2018

Anak adalah anugerah terindah yang diberikan Sang Pencipta bagi para orangtua, apalagi kalau yang diberikan itu double alias kembar.

Family Guide
Sebagai orangtua, pasti senang rasanya bila diberi kepercayaan merawat anak kembar. Namun tak bisa dipungkiri, banyak hal yang harus dipersiapkan bila memiliki anak kembar, mulai dari waktu, mental, keuangan dan dukungan emosional dari lingkungan sekitar.

Memiliki anak kembar juga berarti harus menyiapkan mental dan kesabaran ektsra, karena merawat anak kembar pastinya lebih merepotkan dibanding anak tunggal, terlebih jika kembarnya lebih dari dua.

Dana ekstra
Sejak mengetahui jika dalam janin ibu ada bayi kembar, sebaiknya orangtua menyiapkan dana yang lebih besar dibanding kelahiran tunggal. Umumnya jika bayi kembar, biasanya persalinan dengan operasi Caesar, karena resiko melahirkan bayi kembar lebih tinggi dibanding melahirkan bayi tunggal.

Jika memungkinkan, gunakan fasilitas BPJS saat melahirkan, agar biaya bisa lebih ditekan. Dana lainnya bisa digunakan untuk membeli pakaian, popok, syukuran (akikah) dan asuransi bagi si kembar.

Menggali informasi
Mungkin ibu sudah berpengalaman melahirkan, namun pasti berbeda dengan melahirkan anak kembar. Angaplah kita mulai dari nol lagi, karena masih awam dalam hal melahirkan/merawat bayi kembar. Dan untuk itu harus menggali informasi dari orang lain yang memiliki anak kembar.

Info ini juga bisa diperoleh dari tenaga medis, buku dan browsing di internet. Dari pengalaman mereka inilah kita bisa mendapat informasi tentang bagaimana melewati tahun-tahun pertama perkembangan si kembar, apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan.

Majalah Family Guide dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI