Sekolah jauh tapi bagus atau dekat tapi biasa?

Majalah Family Guide - Edisi 51
19 September 2018

Majalah Family Guide - Edisi 51

Memberikan pendidikan terbaik untuk anak adalah impian kebanyakan orangtua. Demi memasukkan anak ke sekolah yang berkualitas, jarak sekolah yang jauh pun tidak menjadi kendala.

Family Guide
Saat memilih sekolah untuk anak, tentu banyak aspek yang harus dipertimbangkan. Salah satunya adalah mutu atau kualitas dari sekolah tersebut. Sebab, sekolah bukan semata-mata tempat belajar, namun juga menjadi tempat anak bersosialiasi.

Keputusan memilih sekolah yang bermutu dan terbaik untuk anak adalah keputusan yang sangat penting. Dengan memilih sekolah yang berkualitas, diharapkan anak menimba ilmu dan bersosialisasi dengan baik.

Akan tetapi, mendapatkan sekolah yang didambakan tentu bukan perkara mudah seperti membalikkan telapak tangan. Tak semua orangtua berkesempatan memilih sekolah yang dianggap terbaik untuk anak-anaknya.

Boleh jadi karena keterbatasan ekonomi, terbatasnya jumlah pilihan sekolah di sekitar rumah tinggal dan faktor penyebab lainnya. Namun tak sedikit pula orangtua yang punya kebebasan dalam menentukan sekolah berkualitas untuk buah hati mereka.

Misalnya orangtua lebih memilih sekolah berkualitas meskipun jaraknya cukup jauh dari rumah. Jarak tempuh ke sekolah merupakan salah satu pertimbangan dalam memilih sekolah anak.

Idealnya, jarak antara rumah dan sekolah anak tidak lebih dari 15-30 menit perjalanan dengan menggunakan kendaraan. Lebih dari itu, anak akan merasa lelah.

Kelelahan dan ngantuk yang dirasakan karena menempuh perjalanan ke sekolah yang jauh dan macet, serta bangun pagi lebih awal bisa membuat anak malas sekolah dan malas belajar. Lelah juga membuat anak mudah rewel dan akan berdampak pada pergaulannya dengan temanteman.

Majalah Family Guide dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI