Pendidikan bagi anak kembar

Majalah Family Guide - Edisi 51
19 September 2018

Majalah Family Guide - Edisi 51

Ketika anak mulai lepas dari usia batita, umumnya ia akan mulai belajar mengenal dunia luar rumahnya dengan lebih intensif. Pada usia tersebut biasanya anak sudah mulai mengenyam pendidikan di sekolah, dalam hal ini Kelompok Bermain (KB) atau playgroup.

Family Guide
KKelas Kelompok Bermain biasanya terdiri dari 2-3 pertemuan dalam seminggu, dengan durasi maksimal setengah hari per pertemuan. Dengan mengikuti kelas Kelompok Bermain, biasanya anak akan semakin bertumbuh dalam kemandirian. Selain itu, anak juga mulai belajar menempatkan diri di tengah-tengah kelompok masyarakat. Bila pengalaman tersebut positif, maka hal tesebut akan membangun kepercayaan dirinya di masa depan.

Pada kasus anak kembar, pada masa inilah orangtua menghadapi isu yang spesifik terkait apakah anak kembarnya sebaiknya ditempatkan di kelas yang sama atau di kelas terpisah. Sampai hari ini belum ada bukti empiris yang cukup kuat untuk mengarahkan bahwa salah satu pilihan tersebut lebih baik dari yang lainnya. Masing-masing pilihan memiliki keuntungannya sendiri, tergantung dari konteks yang ada. keuntungan menempatkan anak kembar di kelas yang sama

1 Keberadaan di kelas yang sama umumnya menolong anak kembar untuk beradaptasi dengan lebih cepa t terhadap kehidupa n sekolah, terutama bila salah satu dari anak kembar tersebut memiliki sifa t pemalu. Hal ini juga biasanya positif bila mereka belum pernah dititipkan di Tempat Penitipan Anak (TPA) atau daycare sebelumnya.

Dengan berada di kelas yang sama, otomatis mereka langsung memiliki teman di kelas tersebut, sehingga tidak merasa sendirian. Bahkan setelah masa adaptasi tersebut terlewati dan mereka sudah memiliki teman baru, keberadaan di kelas yang sama dapat memberikan kenyamanan tersendiri bagi anak kembar.

2 Keberadaan di kelas yang sama biasanya juga berdampa k positif bila anak kembar tersebut sedang mengalami perubahan yang cukup signifikan dalam hidupnya, misalnya ibunya sedang hamil lagi atau bila salah satu anggota keluarga baru saja meninggal dunia. Dengan berada di kelas yang sama, mereka dapat mendukung dan menyemangati satu sama lain.

Majalah Family Guide dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI