Balkon juga bisa cantik

Majalah Family Guide - Edisi 51
19 September 2018

Majalah Family Guide - Edisi 51

Tak seperti teras yang merupakan ruang publik karena berfungsi mengundang tamu, balkon cenderung bersifat lebih personal. Hanya pemilik rumah atau pemilik ruangan yang terhubung dengan balkon yang bisa mengaksesnya.

Family Guide
Walau ukurannya terbatas, ballkon tetap merupakan aset berharga, terutama bagi rumah yang tak memiliki fasilitas taman, teras, atau ruang terbuka lain. Dengan penataan yang tepat, balkon bukan hanya mempercantik rumah dari penampilan luar, namun juga bisa memperpanjang ruang hunian, sebagai area relaksasi dan bersosialisasi.

Beberapa ide kreatif berikut ini bisa Anda terapkan untuk menata balkon rumah agar tampak cantik dan berdaya guna. Sudut Membaca yang Nyaman Duduk santai sambil membaca buku favorit bagai kemewahan bagi kaum urban yang memiliki jadwal padat. Ciptakan atmosfer rileks pada balkon, ubah balkon menjadi area personal untuk menghabiskan sedikit waktu dari kesibukan sehari-hari yang melelahkan.

Letakkan kursi yang nyaman di salah satu sudut balkon, lengkapi dengan meja kecil dan meletakkan minuman. Bila suka selonjoran, gunakan bean bag atau kasur kecil dengan banyak bantal untuk bersantai di lantai. Kebun Mini Menyegarkan Bagi pengggemar berkebun, Anda bisa memanfaatkan lahan di balkon untuk menyalurkan kegemaran.

Tanamlah beragam tanaman hias berbunga, perdu beraneka warna, serta tanaman rempah atau sayur yang bisa Anda manfaatkan di dapur. Jika area balkon sempit, metode pembuatan taman secara vertikal atau yang lebih dikenal dengan sebutan vertical garden bisa dijadikan alternatif. Tak hanya mempercantik hunian, taman vertikal juga berfungsi menurunkan suhu udara dan memberikan kesegaran alami.

Majalah Family Guide dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI