Tampilkan di aplikasi

Mengatasi fobia pada anak

Majalah Family Guide - Edisi 52
22 November 2018

Majalah Family Guide - Edisi 52

Pernah melihat buah hati Anda takut secara berlebihan? Kalau jawabanya iya, maka anak Anda bisa jadi mengalami fobia.

Family Guide
Ketakutan yang tidak beralasan pada ondel-ondel, badut, pohon, ikan mungkin terlihat aneh bagi sebagian dari kita. Mereka akan bereaksi berlebihan bila bertemu, melihat, mendengar hal yang mereka takuti, se-perti: mual, berteriak, menangis, marah, pingsan atau ada juga yang sampai kejang-kejang.

Pada dasarnya, fobia bisa diartikan sebagai kondisi ketakutan yang teramat sangat terhadap sesuatu benda atau kejadian yang bisa membuat si penderita mengalami trauma.
Beberapa ketakutan yang muncul pada orang dewasa ini, biasanya dimulai dari ketakutan yang dialaminya di masa kecil. Kondisi ketakutan berlebihan ini jika dialami secara terus menerus, maka akan terekam dalam memori anak dalam jangka waktu yang cukup lama.

Akibat sering menakuti. Mungkin hal ini tidak kita sadari sebagai orangtua, tapi terkadang fobia timbul karena kebiasaaan kita yang sering menakut-nakuti anak. Contohnya: “Awas ya, kalau makananmu tidak dihabiskan, nanti digigit kodok,” atau “Jangan keluar halaman Nak, nanti kamu diculik hantu!” dan masih banyak lainnya. Ketakutan pada anak balita mungkin terlihat normal, karena rasa takut adalah kondisi alami yang membantu anak menghadapi pengalaman baru dan juga menumbuhkan insting bahaya.

Tapi tentu saja hal itu bukan dibuat-buat agar anak patuh dan menurut pada Anda. Karena dengan penerapan yang salah, justru akan sangat beresiko pada tumbuh kembang anak nantinya. Menurut Tika Bisono, psikolog, fobia merupakan gangguan keji waan yang paling umum terjadi dan bisa dialami siapa saja. Fobia juga akan melibatkan pengalaman takut secara terus menerus yang berlebihan dan juga tidak masuk akal.
Majalah Family Guide di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI