Tampilkan di aplikasi

Tes mantoux pada anak perlu atau tidak?

Majalah Family Guide - Edisi 52
22 November 2018

Majalah Family Guide - Edisi 52

Berat Si Kecil susah naik dan mudah sakit? Mungkinkah ia terkena tuberkulosis (TB)? Saatnya mencari tahu dengan melakukan tes Mantoux pada anak.

Family Guide
Sepertiga dari populasi dunia rentan terhadap infeksi tuberkulosis. Penyakit ini merupakan salah satu penyebab kematian yang sering pada anak. Tes Mantoux atau Tuberculin Skin Test merupakan tes yang dilakukan untuk mendiagnosa penyakit tuberkulosis. Tes kulit ini sangat umum dilakukan di seluruh dunia, termasuk juga di Indonesia.

Sangat penting untuk mendeteksi tuberkulosis sedari awal, sehingga pengobatannya dapat dilakukan sesegera mungkin. Kapan tes Mantoux bisa dilakukan? Pengujian bisa dilakukan jika buah hati Anda menunjukkan gejalagejala spesifik seperti berikut:

1. Anak susah makan dan memiliki berat badan yang kurang dari rata-rata anak seusianya. Atau, jika ada peningkatan berat badan, namun tidak sesuai atau di bawah yang semestinya.

2. Mudah terserang penyakit. Wajar jika sesekali anak menderita sakit pilek dan batuk. Namun, pada anak yang terinfeksi tuberkulosis, mereka lebih mudah tertular penyakit sehingga menjadi sering sekali sakit.

3. Batuk yang tak kunjung pulih atau batuk berkepanjangan. Gejala ini yang paling dikenal masyarakat sebagai penyakit tuberkulosis.

4. Anak terlihat lemah, letih, lesu dan tidak bersemangat dalam beraktivitas.

5. Demam dan berkeringat pada malam hari.

6. Terdapat tonjolan / bentolan di leher 7. Diare yang tak kunjung pulih

8. Reaksi cepat vaksin BGG. Pada lokasi suntik vaksin BCG akan timbul tanda menyerupai bisul. Jika reaksinya muncul lebih cepat, semisal satu minggu setelah pemberian vaksin BCG, artinya tubuh anak telah terinfeksi tuberkulosis. Normalnya reaksi paling cepat muncul pada dua minggu setelah anak suntik BCG. Namun rata-rata, benjolan pada kulit muncul setelah 46 minggu.
Majalah Family Guide di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI