Tampilkan di aplikasi

Bata tawarkan sistem warabala

Majalah Franchise Indonesia - Edisi 02/XII/2018
9 Februari 2018

Majalah Franchise Indonesia - Edisi 02/XII/2018

Ekspansi gerai PT Sepatu Bata Tbk mulai tahun ini bakal lebih berwarna. Selain menambah gerai sendiri, mereka berencana menggandeng investor melalui skema investasi waralaba. / Foto : Istimewa

Franchise Indonesia
Demi mengarungi bisnis di tahun 2018 ini, PT Sepatu Bata Tbk (BATA) tengah bergerak masif. Pasalnya di tahun ini mereka tengah mematangkan rencana bisnis dibawah pimpinan Direktur Utama yang baru, Indeepreet Singh. Rencananya perusahaan ritel produk alas kaki ini akan terus mengembangkan gerai dan berekspansi keseluruh kota di Indonesia.

Hal itu diutarakan oleh Presiden Direktur PT Sepatu Bata Tbk Inderpreet Singh usai Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang menjadikan Inderpreet sebagai Presdir Bata sepeninggal Imran Malik yang mengundurkan diri dan menjadi Managing Director di Pakistan.

Tahun depan, BATA berencana menambah 25 toko baru. Lima diantaranya akan dibuka dengan konsep gerai Marie Claire dan 20 toko Bata. Ekspansi tersebut akan dilakukan di luar pulau Jawa. Inderpreet menyebutkan bahwa ke 25 toko baru tersebut akan mengikuti pertambahan mall yang ada di seluruh Indonesia.

“Ke 25 toko baru itu dibangun mengikuti pembukaan mall yang ada di Indonesia. Untuk besaran dananya, kami menyiapkan dana Rp500-600 juta setiap tokonya. Budget yang sama juga untuk renovasi toko,” ungkap Inderpreet. Saat ini BATA tercatat sudah memiliki 550 gerai yang tersebar.

Di samping menambah gerai baru, mereka juga akan berencana merenovasi sekitar 55 gerai yang ada. Investasi yang disiapkan untuk pembukaan satu gerai maupun renovasi sama yakni berkisar diangka 500 juta rupiah. Melihat potensi bisnis waralaba di Indonesia yang cukup besar, BATA juga berencana mulai menawarkan sistem kemitraan waralaba di tahun ini.

Nantinya bisnis waralaba tersebut akan berjalan di bawah departemen non-ritel. Adapun Sepatu Bata menargetkan bisa menjalin 15 kemitraan gerai waralaba. Hanya saja, mereka belum bisa membeberkan detail konsep waralaba yang akan ditawarkan.
Majalah Franchise Indonesia di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI