Membuat lebih mudah dari pada merawat atau mempertahankan. Entah kenapa, tapi rumus ini berlaku banget, khususnya, di negeri dan bangsa ini. Coba deh lihat di sekitar. Berapa banyak fasilitas terutama umum, yang mentereng saat pertama kali diperkenalkan, lalu setelah beberapa lama jadi kumuh, kusam bahkan rusak total. Coba perhatikan pula berapa banyak start up, acara/event, bisnis atau apa saja yang pada awalnya begitu membahana lalala dipuja puji banyak pihak, tapi setelah berjalan sekian waktu mulai kendor, lalu perlahan sering pula tiba-tiba hilang tak berbekas, dan dilupakan.
Boleh saja banyak yang punya teori macam-macam soal ini. Korupsi nilai awal proyek, gonta ganti pengelola, atau apalah. Intinya, ya itu tadi, seringkali semangat yang awalnya berkobar-kobar itu melempem di tengah jalan. Baik karena faktor eksternal maupun internal.
Itu juga yang terjadi sama sebuah game online yang pada masanya begitu berkibar. Dimainin oleh hampir setiap orang yang ngaku suka game. Ditengarai hampir gulung tikar, gosipnya sudah beberapa tahun belakangan pengelola game ini nggak bisa mengontrol dan mengantisipasi perilaku yang berkembang di antara para pemainnya sendiri.
Pertanyaannya sekarang, apa iya rumus macam ini harus kita terus lestarikan? Apa iya kita cukup puas dicap sebagai kreator yang nggak bisa bertanggungjawab terhadap kreasinya? Kalau saya sih jujur nggak mau.
Nggak tau kalau kamu.