Tampilkan di aplikasi

Rumah beratap hijau

Majalah Idea - Edisi 154
2 Maret 2016

Majalah Idea - Edisi 154
Idea
Atap yang berwarna hijau, selain menjadi penanda khas pada rumah, juga berfungsi sebagai peredam panas matahari.

Dari JauH, rumah yang terletak di kawasan perumahan ini tampak menonjol. Bukan karena menjulang megah yang membuatnya berbeda dari rumahrumah sekitarnya. Bangunan rumah ini nyaris sama seperti rumah aslinya sebelum renovasi. Atapnya yang betulbetul berwarna hijaulah yang mencuri perhatian. Atap rumah ini dijalari tanaman markisa alias Passiflora sp. dari mulai atap carport sampai seluruh atap rumah.

sebagai seorang arsitek, Andy Rahman, pemilik rumah ini, memang ingin membuat sesuatu yang unik pada huniannya. Namun, keunikan ini ingin diterapkannya secara simpel dan modern, dan yang lebih penting: tepat guna. Tanaman markisa dipilih karena mudah tumbuh di wilayah tropis. sifat tumbuh tanaman ini cukup ekspansif sehingga dapat menutup sempurna ke seluruh bagian atap. Dengan tertutup dedaunan, atap seolah memiliki perisai terhadap panas matahari

sebagai seorang arsitek, Andy Rahman, pemilik rumah ini, memang ingin membuat sesuatu yang unik pada huniannya. Namun, keunikan ini ingin diterapkannya secara simpel dan modern, dan yang lebih penting: tepat guna. Tanaman markisa dipilih karena mudah tumbuh di wilayah tropis. sifat tumbuh tanaman ini cukup ekspansif sehingga dapat menutup sempurna ke seluruh bagian atap. Dengan tertutup dedaunan, atap seolah memiliki perisai terhadap panas matahari di bahwa atap menjadi lebih sejuk.

Menghijaukan atap hanya salah satu bagian dari perwujudan konsep yang diterapkan Andy pada rumah ini. karakter rumah ingin ia tampilkan juga melalui permainan material yang perpaduannya dipikirkannya masak-masak. Detail-detail pada bangunan dikerjakan secara serius sehingga mampu menciptakan harmoni.

Permainan material terdapat pada fasad, terutama pagar, sebagai representasi tampilan keseluruhan rumah. Untuk menghindari kesan monoton, pagar tidak dibuat sama seluruhnya.
Majalah Idea di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI