Relaxing bedroom, pentingnya tidur

Majalah Idea - Edisi 155
31 Maret 2016

Majalah Idea - Edisi 155
Idea
apa yang terjadi saat tidur akan berdampak ketika bangun. Demikian pun sebaliknya, apa yang terjadi saat kita terjaga dapat berpengaruh saat tidur. kualitas tidur penting diupayakan agar proses pemulihan dapat berjalan lancar saat tidur, di mana tubuh kembali ke kondisi awal setelah melakukan aktivitas selama kita terjaga. Tidur yang berkualitas juga membantu menyimpan energi untuk kita gunakan kesesokan harinya.

Banyak hal memengaruhi kualitas tidur. selain dari kenyamanan tempat di mana tidur dilakukan, faktor-faktor psikis pun dapat memengaruhi bagaimana tidur itu berlangsung. Lelap atau tidaknya, seringkah terbangun sebelum saatnya, dan beberapa gangguan fisik dan kesehatan, adalah beberapa hal yang berperan dalam terciptanya kualitas tidur kita.

selain kualitas, durasi tidur pun berefek pada kehidupan kita. Pada titik tertentu selama sehari setiap orang harus tidur. saat tuntutan kerja memaksa kita melampaui batas, dan kita tidak tidur selama lebih dari 24 jam, defisit tidur itu akan mengumpul dan refleks serta fungsi mental kita akan menurun. seiring bergantinya hari, kekurangan tidur ini akan terus mengumpul dan membuat kita menjadi kurang produktif menjalankan aktivitas kita, serta mengalamai ketidakstabilan emosi seperti mudah marah ataupun depresi.

proses aktif kebanyakan kita menganggap tidur sebagai peristiwa pasif karena kita menutup mata dan semua fungsi jasmaniah kita berhenti. Namun, tidak seperti keyakinan kita, nyatanya, tidur adalah proses aktif yang melibatkan interaksi kompleks dengan fungsi metabolisme dan aktivitas dalam otak yang tinggi. eksperimen yang diberikan Dr. Pierre Maquet, seorang neurolog dari Institute of Neurology, Universitas College Landon, Inggris, pada bulan Januari 2000 membuktikan bahwa bagian otak tertentu akan aktif pada saat belajar atau melakukan tugas lain yang membutuhkan ingatan. Bagian otak ini akan kembali diaktifkan pada saat seseorang tidur, yang menyebabkan semakin kuatnya ingatan orang tersebut.

Majalah Idea dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI