Ide desain dapur Talita Setyadi, karib dengan alam

Majalah Idea - Edisi 156
2 Mei 2016

Majalah Idea - Edisi 156

Suasana dapur yang karib dengan alam sangat membantunya saat bekerja

Idea
Ada yang membuat suasana dapur ini terkesan memesona. Warna putih bercampur cokelat kayu begitu meneduhkan hati. Belum lagi jendela-jendela tinggi yang secara ilusi menyatukan dapur dengan ruang terbuka di sisinya yang menampilkan hamparan pepohonan, juga kolam ikan. Rasa yang timbul ketika berada di sini begitu asri. Sang pemilik dapur, Talita Setyadi, adalah seorang pastry chef sekaligus owner sebuah bakery shop bernama Beau. Suatu yang serbasimpel, minimal, dan natural adalah favoritnya. Ini pula yang ia tuangkan ke dapurnya. Daripada warna-warni mencolok mata, Talita lebih menyukai warna-warna netral nan dekat dengan alam, seperti putih atau cokelat.

Hampir seluruh kabinet kitchen set di dapurnya berwarna putih. Begitu pun dengan top table dapur yang ke semua warna putih keabu-abuan alaminya muncul dari bahan marmer. Di luar itu, sisanya berwarna cokelat. Meja makan, kaki kitchen set, dan rak-rak, semuanya dilapis veneer bernuansa cokelat kelam. Tak hanya warna, konsep kekariban dengan alam juga Talita wujudkan lewat jendela-jendela besar yang terpasang di dapur. Jendela ini seolah memperluas ruang dapur ke taman sebelahnya. Ini membuat suasana dapur lebih hidup dan segar.

“Saya dan arsitek sepakat membawa konsep Bali. A lot of bare wood tapi tetap yang simpel dan tidak banyak ukiran. Saya ingin dapur yang open space dan open plan agar suasana lebih santai. Natural light juga lebih bagus. Suasana seperti ini juga membantu mood saat bekerja. Banyak pemandangan membuat suasana lebih enak. Peaceful. Kalau lagi masak, bisa keluar dulu menikmati teh sambil duduk sebentar mendengarkan gemericik air. Lebih enak daripada di ruang tertutup. Jadi saat bekerja pun rasanya tak seperti bekerja,” ujar Talita. Ya, dapur yang teletak di halaman belakang rumahnya ini memang Talita khususkan untuk keperluan menguji resep menu-menu baru di Beau. Jadi, mayoritas aktivitas di sini ada kaitannya dengan profesinya sebagai chef sekaligus bussiness owner.

Majalah Idea dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI