Istirahat berkualitas bagi anak

Majalah Idea - Edisi 160
1 September 2016

Majalah Idea - Edisi 160

Fungsi kamar tidur sejatinya untuk beristirahat. Desain yang baik membuat anak merasa nyaman dan mendapatkan istirahat yang optimal. / Foto : Dok.Ikea

Idea
Anak-Anak adalah orang terpenting di dunia. Ungkapan ini rasanya tidak berlebihan bagi para orangtua. Segala kebutuhan berusaha dipenuhi orangtua demi mendukung pertumbuhan dan perkembangan si buah hati. Di rumah, salah satu kebutuhan anak adalah kamar tidur. Dan ini artinya, ia berhak memiliki sebuah kamarnya sendiri, yang terpisah dari kamar orangtuanya.

Mengapa anak butuh kamar sendiri? Menurut Ratih Zulhaqqi, psikolog anak dan remaja, seorang anak sudah bisa tidur sendiri di kamarnya sejak usia 3 tahun, walaupun usia ini masih masuk kategori pra sekolah. Sementara, secara umum, yang termasuk rentang usia anakanak adalah 6-12 tahun. Di usia 3 tahun, seorang anak sudah dapat berkomunikasi dengan baik, sehingga orangtua tidak perlu khawatir anaknya tidur terpisah. Di sisi lain, orangtua dapat menjaga keintiman dengan pasangan tanpa khawatir anak akan melihat adegan yang tidak seharusnya dilihat.

Ratih, yang merupakan psikolog di Kancil, Pusat Layanan Psikologi Anak, Remaja, dan Keluarga ini, menjelaskan bahwa bagi seorang anak, memiliki kamar tidur sendiri berarti melatih anak untuk lebih mandiri, percaya diri, juga memberikan privasi dan teritori pribadi bagi anak. “Dengan memiliki kamarnya sendiri, seorang anak dapat dilatih bertanggung jawab merawat dan merapikan barang-barangnya,” tambah Ratih.

Sama seperti bagi orang dewasa, bagi anak-anak pun kamar memiliki fungsi utama sebagai tempat beristirahat. Menurut Ratih, saat masuk kamar, mindset anak harus tentang istirahat dan tidur, bukan bermain atau belajar. Intinya, membuat kamar tidur nyaman bagi anak bukan berarti melengkapinya dengan aneka fasilitas. Jika kamar anak memiliki televisi, komputer, bahkan kulkas dan dispenser air sendiri, anak akan enggan ke luar kamar. Ia cenderung tidak bersosialisasi dengan orang lain, bahkan dengan anggota keluarganya sendiri.

Majalah Idea dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI