Cara cantik cegah kebakaran di dapur

Majalah Idea - Edisi 163
5 Desember 2016

Majalah Idea - Edisi 163
Idea
SebAgIAN beSAR kebakaran yang terjadi di kota besar adalah akibat kelalaian di dapur. Menurut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang dilansir dari BPBD Dki Jakarta, di 2014 telah terjadi 696 kebakaran di Jakarta. sebagian besar terjadi di area dapur.

Tahun berikutnya, di 2015, lebih dari 1.200 jiwa di Penjaringan, Jakarta Utara, kehilangan tempat tinggal akibat kebakaran yang melanda 500 bangunan semipermanen. kebakaran tersebut diduga berasal dari salah satu dapur milik warga.

Beberapa faktor yang dapat mengakibatkan kebakaran di dapur adalah stop kontak listrik, microwave, kompor, dan tabung gas. kebakaran tidak hanya merusak fisik bangunan, tetapi membahayakan jiwa karena adanya gas beracun yang mengandung sulfur Dioksida, hidrogen sulfida, Ammonia, dan hydrogen sianida.

karena itu, cara yang dapat dilakukan adalah memeriksa beberapa alat masak yang ada di dapur, sebelum melakukan kegiatan memasak. Lalu, perbaiki secepatnya bila ada kerusakan.

kemudian, untuk berjaga-jaga, Anda dapat menempatkan alat pemadam kebakaran praktis di rumah.

Pelapis Dinding Peredam Api namun, ada cara lain untuk mencegah terjadinya kebakaran di dapur yaitu menggunakan wall covering yang dapat meredam kebakaran. salah satunya adalah produk Un Bisou keluaran Goodrich indonesia. Wall covering ini terbuat dari bahan fire retardant alias yang dapat memperlambat penyebaran api jika terjadi kebakaran.

selain sulit merambatkan api, wall covering ini memiliki karakteristik lain yang berguna di dapur, yaitu washable atau mudah dibersihkan. cukup dengan cairan pembersih ringan, pelapis dinding ini dapat dibersihkan, sehingga noda akibat proses masak tidak lagi mengganggu tampilan dapur.

Majalah Idea dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI