Pesona material ekspos

Majalah Idea - Edisi 166
6 Maret 2017

Majalah Idea - Edisi 166

Alam memang tidak akan pernah habis memberi inspirasi, begitu pun inspirasi yang diberikannya pada desain bangunan dan interior. / Foto : Fernando Go Mulya

Idea
Arsitektur tak hanya bicara bangunan namun juga sikap kita dalam kehidupan sehari-hari.

Memasukkan kekuatan alam ke dalam desain bangunan dan interior merupakan salah satu contohnya. Inilah yang diungkapkan oleh arsitek Cosmas D.

Gozali, menanggapi munculnya kembali tren bangunan yang mengekspos alam dengan cara mengekpos material yang digunakan. Desain yang mengapresiasi segala sesuatu yang serba natural sebagai wujud respon atas alam, kembali mendapat tempat saat ini.

Sudah kodratnya manusia, persatuannya dengan alam menjadi obat penghilang kejenuhan yang paling mujarab. Kejenuhan oleh kepadatan aktivitas dan makin sulitnya memiliki waktu untuk relaks sejenak berinteraksi dengan alam, menyebabkan munculnya tren material ekspos. Menggunakan material secara apa adanya makin banyak disukai. Sebaliknya, segala yang berbau artifisial dianggap terkesan menutup-nutupi kekurangan. Karena itulah muncul istilah unfinished yang memiliki arti material tanpa finishing atau lapisan lain. Material dikembalikan ke posisi natural yang jujur, tanpa kosmetik.

Beton terlihat seperti beton. Kayu terlihat seperti kayu. Menghargai proses merupakan sikap yang terkandung di balik pemilihan material unfinished ini. Bagaimana proses sebuah benda diciptakan akan lebih dihargai, bukan sekadar tampilan akhirnya.

Mengutip pernyataan arsitek Adi Purnomo—yang akrab disapa Mamo— bahwa bentukan material yang apa adanya akan memunculkan kreativitas yang harmonis. Sering kali material memberi kejutan, jauh dari ekspektasi kita. Ibarat komposisi musik yang dimainkan di atas panggung dengan penuh improvisasi, proses desain mengalir bersamaan dengan kesadaran material yang ada.

Melihat perkembangan saat ini, kepedulian lingkungan digemakan ke seluruh penjuru dunia. Pemanfaatan material alam sebagai material bangunan ditengarai sebagai salah satu penyebab menyusutnya sumber daya alam ini.

Majalah Idea dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI