Memfasilitasi kreativitas anak

Majalah Idea - Edisi 167
6 April 2017

Majalah Idea - Edisi 167

Menyiapkan masa depan anak bisa dimulai dari rumah, yaitu dengan menciptakan ruang dan suasana yang baik bagi anak untuk tumbuh kembangnya.

Idea
anak butuh tEmpat dan suasana yang mampu mendidik dan membantunya menumpahkan segala fantasi dan imajinasinya. Menyiapkan ruang yang cocok bagi anak harus mempertimbangkan usia karena masingmasing kelompok usia anak memiliki kebutuhan yang berbeda.

secara teori perkembangan psikologi anak dibagi dalam 4 tahap, yaitu bayi (0—2 tahun), masa anak-anak awal (2—6 tahun), masa pertengahan dan akhir anak-anak (6—12 tahun), serta remaja (usia 12—18 tahun). Pembahasan kamar atau ruang bagi anak yang kita bahas kali ini adalah di rentang usia 6—12 tahun.

Usia menjadi pertimbangan utama. Meski di kelompok usia yang sama pun, masing-masing anak tumbuh dengan kepribadian dan minat yang berbeda. Layaknya orang dewasa, anak usia 6—12 tahun ingin juga merefleksikan kepribadian sesuai sifat, minat, dan hal-hal yang disukainya. Hal ini terkait dengan perkembangan fisik dan motorik anak di usia ini yang butuh diakomodasi melalui segala fasilitas yang sesuai.

Minat anak, harus diperhatikan. secara psikologis, di usia ini minat anak akan berubah. Hal yang dulunya tak berarti bagi anak, di usia ini akan menjadi sangat menarik baginya.

Majalah Idea dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI