Tonjolkan nuansa etnik

Majalah Idea - Edisi 170
3 Juli 2017

Majalah Idea - Edisi 170

Tak berkesan kuno, carport bernuansa etnik ini tampil natural dan terlihat cantik. / Foto : Richard Salampessy

Idea
Nuansa tradisional begitu melekat saat melihat rumah yang satu ini. Ya, ini terlihat dari fasadnya yang mengadopsi gaya etnik. Begitu juga dengan carport-nya yang khas dengan nuansa tradisional. Pasangan Ariana octavia dan kartolo Puji Prabowo, pemilik rumah ini, menggunakan kayu jati hasil bongkaran rumah mereka di Pekalongan.

karakter etnik terlihat dari penggunaan lisplang kayu dengan ukiran pada rangka atap bagian luar. Begitu juga dengan pintu yang menghubungkan bagian carport dan ruang dalam rumah. Ukiran pada pintu pun dibuat oleh sang suami sendiri. ia mengerjakannya dalam waktu ±1 bulan untuk membuat pintu.

selain itu, ukiran pada kursi kayu jati pun demikian. Untuk memperkuat kesan etnik, pada kursi pun ditambah elemen dekoratif, yaitu bantal dengan sarung bermotif khas. ingin juga memberi sentuhan natural, lantai carport menggunakan keramik motif bebatuan dengan warna yang selaras dengan keseluruhan bangunan.

Dinding pun tak luput dari balutan keramik dengan motif batu alam. Dan, carport pun terasa asri layaknya di desa.Lisplang ukir ini memperkuat kesan tradisional dan ini menjadi elemen dekoratif yang dapat mempercantik rumah. Tidak semua dinding dilapisi dengan keramik melainkan hanya sebagian. Ya, ini menampilkan kesan berbeda dan terlihat eye catching.

Majalah Idea dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI