Mendekorasi ruang dengan motif tradisional

Majalah Idea - Edisi 173
24 Oktober 2017

Majalah Idea - Edisi 173

Motif kawung yang diaplikasikan dalam kain batik sawarna sangat baik untuk menyemarakkan ruang karena warnanya yang cerah. / Foto : Dok. SENDEAN DESIGNS

Idea
Sejak ditetapkan UNESCO sebagai warisan budaya indonesia pada 2009 lalu, popularitas batik terus melonjak. Dari yang mulanya dijual dalam bentuk kain lembaran, batik kemudian mulai tersedia di pasaran dalam bentuk pakaian jadi. Pun, penggunaannya kian meluas. Batik ataupun motif batik tak acap dipakai untuk benda fashion saja.

Batik kini juga dipakai untuk sarung cushion, runner, hingga place mat yang notabene adalah soft furnishing untuk mempercantik ruangan. Bahkan, popularitas batik juga merembet pada kain tradisional lainnya, seperti tenun. Menurut Hari ratih Fitriyani, owner sendean Designs unit usaha yang secara khusus mengeksplorasi kain tradisional, kain dan motif tradisional indonesia sangat istimewa karena kisah yang tertuang di dalamnya.

“Kekayaan kain tradisional dari segi karakter kain dan motif sangat beragam dan dapat digunakan untuk produk dalam sektor selain fashion, seperti home decor. kami percaya kain tradisional tidak akan habis untuk dieksplorasi dan diolah secara kreatif,” ujarnya. Berdasarkan pengalaman ratih bersama sendean Designs yang pernah mengikuti Festival indonesia Moscow 2017 di rusia, inilah beberapa pilihan jenis kain dan motif tradisional yang dapat Anda pakai untuk mendekorasi ruang.

Motif Sisik. sisik adalah salah satu motif kain batik yang menurut ratih merupakan percampuran dari rasa tradisional dan modern. Motif ini sangat cantik menyerupai sisik ikan dan cocok digunakan dalam runner ataupun sarung cushion. Motif sisik juga terkenal dengan warnanya yang cerah karena lazimnya diaplikasikan dalam batik sawarna yang memang terkenal dengan warna ceria, seperti merah, kuning kunyit, sampai turquoise.

Majalah Idea dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI