Handicraft pemberi nilai tambah

Majalah Idea - Edisi 173
24 Oktober 2017

Majalah Idea - Edisi 173

inilah sudut ruang cantik yang tampil unik dengan material alami dan bahan bekas. / Foto : Ong Cen Kuang

Idea
Material alam, warna-warna tanah, selalu memberi kesan hangat yang menenteramkan. sudut ruang ini tampil sangat minimal dengan kehadiran sedikit barang. Namun, masing-masing elemen saling memberi peran mempercantik dan mendukung penciptaan suasana yang nyaman.

Gantungan tas dan topi hadir dalam material kayu dan mengambil bentuk pohon dengan ranting-rantingnya. Tas dan topi anyam serta kain rajut menguatkan kesan alami yang sangat khas. Ditambah dengan penutup lantai dari anyaman bambu (tikar) serta bangku dari besi yang diberi finishing warna cerah pemberi sentuhan modern.

Tampilan apik ruang ini tak terlepas dari kehadiran lampu gantung yang terlihat unik. keterampilan tangan menciptakan lampu yang terbuat dari material yang sangat biasa menjadi produk yang luar biasa. Terbuat dari resleting yang diproses dengan cara dijahit mesin dan jahit tangan, sang desainer sekaligus pembuatnya, Budiman ong, menyatukan resleting dan bahan lainnya menjadi sebuah lampu dengan bentuk yang sangat unik.

Tak diproduksi secara massal, lampu ini dibuat secara handmade dan mengandalkan keterampilan tangan. karena pekerjaan tangan, maka tak ada satu lampu pun diciptakan persis sama. “selalu ada perbedaan di sana-sininya, tapi itulah yang menarik dan berharga,” ujar Budiman.

Penggunaan resleting adalah hasil eksperimen Budiman Ong sebagai desainer. Resleting menurut Budiman, secara struktur bahan merupakan material yang bisa memancarkan cahaya. Teknik penggabungan bahan dengan teknik jahit mesin dan jahit tangan adalah cara penggabungan material yang dirasa paling pas.

Majalah Idea dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI