Saat ruang dapur terbatas

Majalah Idea - Edisi 173
24 Oktober 2017

Majalah Idea - Edisi 173

Penggabungan penyimpanan tebuka dan tertutup. Area bawah tempat cuci dimanfaatkan sebagai penyimpanan yang kompak. / Foto : Dok. Ikea

Idea
ketika ruang dapur begitu terbatas, seperti halnya yang terjadi di dapur ini yang dibutuhkan adalah mengoptimalkan setiap jengkal ruang. Langkah ini bisa dilakukan dengan banyak cara. Pertama, pilih furnitur fleksibel dan multifungsi. Contohnya, meja kerja beroda yang bagian bawahnya menyimpan laci-laci atau rak penyimpanan dan menyediakan area tersembunyi yang bisa digunakan menggantung serbet dan keperluan dapur lainnya.

karena beroda, Anda bisa memindahkan furnitur kapanpun ke area yang Anda mau sesuai kebutuhan. Kedua, atur letak furnitur di pojokpojok ruang dapur atau di bagian-bagian pinggir menempel dinding. Hal ini akan menyisakan cukup banyak ruang kosong yang bisa digunakan sebagai sirkulasi gerak saat memasak. Ketiga, gunakan wadah simpan serbaguna yang bisa dipakai sebagai wadah bumbu ataupun wadah bagi bahan makanan dan perlengkapan dapur.

Lengkapi dengan tutup yang kuat. Wadah bertutup akan memungkinkan Anda menyimpannya secara bertumpuk dan lebih menghemat ruang. Keempat, gunakan warna netral dan cerah. Warna putih salah satu yang bisa dipilih karena akan memudahkan Anda melakukan padu-padan dengan peralatan dapur yang Anda pakai. Warna muda dan cerah juga akan memberi kesan lebih lapang.

Kelima, lebih kreatif menyimpan berbagai keperluan dapur. Menyimpan tidak harus selalu dimasukkan ke dalam satu tempat atau wadah, tetapi Anda juga bisa menggantungnya. Menyimpan dengan cara menggantung bisa sekaligus menjadi dekorasi. Manfaatkan juga wadah yang besar sebagai tempat simpan bagi wadah yang lebih kecil, sehingga penyimpanan lebih praktis dan hemat tempat.

Majalah Idea dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI