Merasakan kembali suasana kampung

Majalah Idea - Edisi 174
2 November 2017

Majalah Idea - Edisi 174

Pengolahan vegetasi serta lahan yang bentuknya tidak simetris menjadikan ruang luar lebih menarik. / Foto : Fernando Gomulya

Idea
Menjalani hari di kota besar membuat pemilik rumah ini rindu akan kehidupan kampung yang lebih tenang dan dekat dengan alam. ketika ingin merenovasi rumahnya, ia justru berpesan kepada sang arsitek, Gerard Tambunan, untuk membuat bangunan yang lebih sederhana daripada hunian yang ditinggalinya, yang tidak menonjol dengan lingkungan sekitarnya. oleh arsitek prinsipal dari GeTs architects ini, lahan yang tidak simetris dianggap bukan halangan.

Pun rumah-rumah lain di sekitar lahan yang kebanyakan berupa bangunan sederhana dengan maksimal 2 lantai. Potensi lahan yang sarat dengan vegetasi dipandang sebagai keuntungan untuk mewujudkan keinginan pemilik rumah. Demi menciptakan suasana alami dan memberi kenyamanan, lima pohon besar yang ada dipertahankan, ditambah sebuah pohon palem dan sebuah partisi tanaman rambat.

Oleh arsiteknya, kontur lahan diolah sehingga bangunan menempati lahan yang lebih rendah daripada taman. ini untuk membuat bangunan tidak menjulang dan tidak “berteriak” di tengah lingkungannya. Bentuk bangunan pun terbilang sederhana, dengan atap pelana berlapis genting tanah merah. Detail menarik terdapat pada bagian atap yang menerus ke samping rumah.

Bilah-bilah kayu disusun secara acak sehingga memiliki celah-celah di antaranya. kayu ini rupanya merupakan limbah pabrik furnitur. Di sini, susunan bilah kayu ini berfungsi sebagai penyaring sinar matahari yang masuk ke dalam rumah, selain sebagai pemberi ciri khas rumah ini.

Sementara, untuk bagian dalam rumahnya, kondisi bangunan lama dianggap masih bagus sehingga beberapa ruang dapat dipertahankan sambil dilakukan penambahan ruang-ruang lain yang diperlukan. Tiga kamar tidur anak dipertahankan, sementara kamar tidur utama ditempatkan di area yang lebih privat.

Majalah Idea dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI