Dapatkan majalah digital Idea Rp. 15,000 atau berlangganan mulai Rp. 119,000
Baca halaman pratinjau melalui aplikasi myedisi reader
Edisi 175
100 Halaman, Terbit 1 Desember 2017
Majalah Bulanan

Ruang favorit keluarga. Tak hanya sebagai tempat bernaung, rumah juga menjadi sarana mengenal arti sebuah keluarga dan hubungan kekerabatan.

Saya yakin, ada suatu ruang yang mampu membangkitkan kenangan atau kehangatan keluarga di kediaman Anda. Boleh jadi ruangan itu bukan ruang keluarga, melainkan teras depan, teras belakang, atau ruang makan. Di ruangan itu, Anda dan anggota keluarga lainnya bisa duduk santai sembari berbincang tentang kehidupan silam, kini, dan mendatang.

Saya pun demikian. Ada sebuah ruangan favorit, setiap kali saya pulang ke rumah Ibu saya di Yogyakarta. Kami sekeluarga selalu menakzimkan malam dengan duduk dan berbincang di ruang makan sederhana. Kebetulan, ruang makan kami menghadap taman terbuka dan kolam. Sewaktu kecil, saya kerap bermain-main di sekitar taman itu. Kini, ada suasana yang berbeda di taman dan kolam itu. Namun, masih ada satu pohon palem bintang sebaya dengan saya, yang tumbuh menjulang dengan daun-daun laksana payung menghijau.

Meja makan bundar dan kursi-kursinya pun tidak berubah sejak lebih dari dua dekade silam. Ibu dan adik memiliki kursi favoritnya sendiri, sementara saya duduk di kursi mendiang ayah. Biasanya, kami ditemani kudapan goreng dan seduhan teh buatan Ibu. Kami senang berbincang di ruangan ini karena bertautan langsung dengan dapur, sekaligus jauh dari gangguan televisi atau audio lainnya.

Singkat kata, ruangan ini mengikat hubungan batin antara saya, adik, ibu, dan mendiang ayah. Ada tawa, canda, dan air mata yang tertinggal di langit-langitnya. “Setiap keluarga bisa punya ruang favoritnya sendiri, tidak selalu ruang keluarga, lho,” kata Johanna Erly Widyartanti, editor yang turut berkisah dalam Ruang Favorit Keluarga. Menurut Oma, panggilan akrab Erly, makna sebuah ruang merupakan salah satu perkara penting terkait rumah dan pengalaman penghuninya.

Mari, ciptakan sebuah ruang sebagai tempat terpeliharanya kebersamaan dan harmoni keluarga. Pada edisi penghujung tahun ini kami berkisah tentang ruang-ruang yang menjadi kegemaran penghuninya terkait pengalaman, kenangan, atau sekadar kenyamanan. Ketika Anda menuntaskan liburan akhir tahun di rumah, kami berharap, sebuah ruang akan lebih banyak bercerita tentang Anda dan orang-orang terkasih di rumah. Salam kenal dari saya untuk para pembaca yang senantiasa menantikan inspirasi baru seputar interior rumah. Terima kasih telah membaca IDEA.
Sampul
Gerbang : Merawat kehangatan keluarga
Konten
Etalase : Artprint percantik dinding
     Cocok untuk hunian masa kini
Advertorial : Mengalami sendiri berbagai inovasi
Etalase : Empuk dan memiliki banyak model
     Merayakan me-time
Berbagi idea : Permainan pola ciptakan kesan dinamis
     Bikin dinding makin menarik
Etalase : Hitam-putih kamar remaja putri
Produk
Advertorial : Kompor tanam elegan dengan fitur lengkap
Berbagi idea : Menyiasati kamar mandi mungil
     Buat tamu merasa nyaman
     Masukan cahayanya, jangan panasnya
Advertorial : Lantai baru, suasana baru
Ruang dalam : Cerdas memilih pelapis dinding
     Ciptakan mood dengan warna
Ide desain : Kebersamaan keluarga tak ternilai harganya
     Enam hal penting ciptakan ruang favorit
     Ruang tambahan untuk bermain bersama anak
     Sejuk berbatasan dengan taman belakang
     Ruang andalan pengantin baru
     Segala cerita keluarga “Tersimpan” di sini
     Taman belakang untuk relaksasi & berakrab ria
     Di “Garasi” kenangan itu tercipta
     Kehangatan menjelang tidur di ruang attic
     Santap bersama jadi momen tak terlupa
     Betah berlama-lamadi ruang hobi
Rumah Anda : Ajang kreasi & ruang pamer
     Mengeksplorasi alam
     Fokus ke putih & kayu
Healthy home happy home : Cegah kecelakaan di kamar mandi
Ruang usaha : Tempat nongkrong asyik
Info proferti : Apartemen: Untuk dihuni atau investasi?
     Apartemen baru di Bekasi & Tangerang
Jendela
Galeri
IDEA berlaku sebagai panduan terpercaya bagi pasangan muda dalam mencari rumah yang tepat. Diterbitkan setiap bulan, dengan konsisten, majalah ini menawarkan ide kreatif yang sederhana dalam membangun, merenovasi, mendekorasi dan perawatan rumah dalam menghadirkan tempat tinggal yang sempurna untuk semua orang disetiap kegiatan.                                                                                                                        
2017   2016   2015