4 inspirasi ruang baca

Majalah Idea - Edisi 176
11 Januari 2018

Majalah Idea - Edisi 176

Memanfaatkan mezanin sampai menambahkan jendela besar. tengok inspirasi ruang baca yang nyaman berikut ini! / Foto : Adeline Krisanti,

Idea
Jika punya hobi membaca, Anda pasti menjadikan ruang baca sebagai bagian penting saat mendesain hunian. Pasalnya, di ruang inilah, nantinya Anda akan banyak menghabiskan waktu. Dan buat mereka yang hobi membaca, mengoleksi buku seolah menjadi kewajiban, sehingga koleksi buku tak terpisahkan dengan ruang baca.

Tidak ada aturan baku dalam menentukan posisi ruang baca yang ideal dalam sebuah rumah. Namun, mengingat membaca buku merupakan aktivitas yang memerlukan ketenangan, maka Anda perlu mempertimbangkan posisi terbaik untuk ruang ini.

Jika Anda tidak ingin merasa terganggu dengan kebisingan, Anda dapat menjauhi ruang pusat aktivitas seperti ruang keluarga. Solusinya, Anda dapat memanfaatkan bagian bawah atap untuk dijadikan mezanin dan difungsikan sebagai ruang baca.

Faktor penting yang harus diperhatikan dari sebuah ruang baca adalah pencahayaan yang optimal. Jika ada bagian rumah yang mendapatkan banyak cahaya matahari, maka manfaatkan sudut tersebut sebagai ruang baca. Nah, berikut ini beberapa inspirasi ruang baca yang dapat Anda curi idenya

1. Untuk ruang baca, pemilik rumah membuat lantai mezanin dengan luas kurang dari 6 m2. Untuk menuju ke sana, ia harus melewati tangga kayu tanpa railing. Untuk ruang penyimpanan buku-bukunya, pemilik rumah memanfaatkan bagian bawah pijakan tangga.

2. Bila memiliki rumah yang cukup luas, Anda bisa menempatkan satu ruang sebagai ruang baca khusus. Rak buku pun bisa memenuhi sebagian besar dindingnya. Kemudian, tempatkan sebuah sofa panjang yang nyaman. Jangan lupa, manfaatkan dinding yang menghadap ke luar dengan memasang jendela-jendela besar. Area baca Anda pun semakin menenangkan.

Majalah Idea dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI