Rumah sejuk tanpa pendingin udara

Majalah Idea - Edisi 178
27 Februari 2018

Majalah Idea - Edisi 178

Sudah waktunya kita hemat energi. Kurangi penggunaan pendingin udara dan segera beralih ke cara-cara alternatifnya. / Foto : Adeline Krisanti

Idea
Cuaca di Indonesia tidak bisa diprediksi. Kadang terasa dingin berkat hujan yang terus turun, tetapi tak jarang terasa begitu panas dan lembap. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan akan mengguyur Indonesia hanya sampai Februari saja. Memasuki Maret, Indonesia akan kembali disapa oleh teriknya matahari.

Di masa seperti ini, suasana di dalam rumah pasti terpengaruh akibat perubahan suhu udara. Banyak orang kemudian mulai memasang penyejuk udara untuk mengusir hawa panas di dalam rumah. Cara ini memang praktis. Anda mendapat ruang yang lebih sejuk dengan cara yang mudah. Namun, risiko selanjutnya adalah tagihan listrik yang melonjak.

Saat ini memang sudah banyak produk Air Conditioner (AC) dengan watt yang rendah. Namun, bila Anda bisa mengurangi konsumsi listrik sekaligus menghemat uang untuk membeli perangkat pendingin udara, mengapa tidak? Putu Aneth, desainer interior dari putudecor, memberikan trik-trik yang bisa Anda ikuti untuk membuat ruang terasa lebih sejuk tanpa alat pendingin udara.

Ventilasi Silang. Membuat ventilasi silang di dalam rumah menjadi salah satu cara sederhana untuk memasukkan angin ke dalam rumah. Caranya adalah dengan membuat dua jendela atau ventilasi yang saling berhadapan.

Dengan membuat dua buah bukaan yang berhadapan, maka udara akan bergerak dari satu bukaan ke bukaan lainnya karena ada perbedaan tekanan udara antara ruang luar dan dalam. Cara Ini dapat memperlancar sirkulasi udara dan rumah pun akan tetap sejuk di segala cuaca.

Majalah Idea dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI