Cara mudah membingkai dengan apik

Majalah Idea - Edisi 179
2 April 2018

Majalah Idea - Edisi 179

(karya inspirasi dari revano satria ini dapat menjadi contoh pengaplikasian dari formula perhitungan garis lurus. Bingkai yang berada di atas sofa perlu diberi jarak 40-50 cm di antaranya agar kepala tidak berbenturan dengan bingkai saat duduk). / Foto : Adeline Krisanti

Idea
Peran sebuah bingkai begitu penting hingga tidak hanya harus menarik tetapi juga nyaman di mata ketika dipandang. Ada banyak cara untuk menghias rumah. Coba perhatikan dinding rumah Anda. Spot luas ini sangat mungkin untuk Anda jadikan ajang berkreasi.

Tidak hanya wallpaper, cat dinding warna-warni, ataupun ornamen ukir yang dapat menghias dinding. Anda juga dapat membuat dinding semakin menarik dengan memajang bingkai foto atau lukisan. Adanya sekumpulan bingkai foto tidak saja membuat rumah menarik secara visual.

Manfaat lain dari bingkai adalah dapat “mengoreksi” ruang. Misalnya, pada ruang yang atapnya rendah, dengan menempatkan bingkai bentuk vertikal dapat memberikan efek visual ruang yang lebih tinggi. Selain itu, pemasangan bingkai juga dapat memberikan karakter pada sebuah ruang dari tema artwork apa yang Anda pajang.

Banyaknya keuntungan dari bingkai di dinding ini dapat diraih jika Anda tepat pula memasangnya. Peletakan bingkai sangat perlu untuk diperhatikan. Bingkai tidak sekadar menempel di dinding, tetapi ada aturannya agar susunan bingkai menarik sekaligus nyaman ketika dipandang mata.

Ini Formulanya! 1. Template. Jika ingin menggunakan template , ini ada enam contoh yang bisa Anda ikuti. Namun, Anda harus memperhatikan ukuran dan warna bingkainya karena template ini hanya berupa acuan ukuran dan penempatan saja. Pastikan ukuran pigura sesuai dengan kebutuhan, luas ruang, dan nuansa yang ingin ditampilkan.

2. Garis Lurus. Cara ini bisa Anda gunakan jika tidak ingin memiliki desain yang sama dengan template. Jika membuat frame dengan bantuan garis lurus, yang perlu diperhatikan dengan saksama adalah ketinggian jarak dari lantai ke bingkai tersebut. Selain itu, sesuaikan juga dengan furnitur yang berada di sekitarnya .

Majalah Idea dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI