OLED dan QLED, teknologi televisi generasi terbaru

Majalah Idea - Edisi 182
20 Juni 2018

Majalah Idea - Edisi 182

untuk mendapatkan pengalaman menonton yang lebih baik, dua teknologi terbaru pada televisi yakni OLED dan QLED siap meramaikan pasar elektronik indonesia. / Foto : Dok. Samsung

Idea
Dapat menikmati waktu santai di rumah tentu menjadi impian tiap pemilik rumah. Menonton acara televisi dengan kualitas gambar dan suara layaknya di bioskop adalah salah satu caranya. Untuk menjawab kebutuhan tersebut, produsen televisi pun berlomba-lomba menghadirkan produk televisi yang dapat memberikan pengalaman menonton yang lebih baik.

Berbagai teknologi terbaru dibenamkan untuk menghasilkan gambar yang jelas dan suara yang semakin jernih. Juga, terhubung dengan smartphone mengikuti gaya hidup masyarakat sekarang yang segala aktivitasnya selalu bersentuhan dengan gadget. OLED dan QLED menjadi dua teknologi terbaru yang kini gencar dipasarkan oleh para produsen televisi.

Masing-masing produsen mengklaim bahwa teknologi yang ada pada produk merekalah yang paling menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia terhadap televisi yang mutakhir. Apa itu OLED dan QLED? OLED yang berarti Organic Light- Emitting Diode ini memiliki karbon organik yang bisa menghasilkan cahaya di setiap layar.

Menariknya, molekul dari karbon organik ini tidak membutuhkan lampu dan bisa menerangi dirinya sendiri dan bisa menciptakan tingkat kecerahan yang imbang dengan pewarnaan yang lebih realistis. Berbeda dengan OLED, QLED yakni Quantum dot LED adalah TV LED yang menggunakan teknologi titik quantum untuk meningkatkan performa gambar lebih tajam dan kontras.

Produsen televisi yang sama-sama mengeluarkan TV OLED yakni Panasonic dan LG. Meski demikian, kedua produsen ini memberikan keunggulan berbeda di produk televisi mereka. Untuk TV OLED keluaran Panasonic, Erwin Lim sebagai Home Entertainment and Appliances Assistant General Manager Marketing PT Panasonic Gobel Indonesia, menuturkan ada empat fitur unggulan.

Majalah Idea dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI