Memasukkan suasana alam dengan void

Majalah Idea - Edisi 182
20 Juni 2018

Majalah Idea - Edisi 182

Taman tak hanya bisa dinikmati keindahannya, namun juga menjadi sumber udara segar. di rumah ini, manfaat taman dioptimalkan dengan menghadirkan void. / Foto : Yannis Rudolf Pratasik

Idea
Void atau area kosong antara lantai atas dan bawah memberikan kesan yang luas pada rumah bertingkat. Void juga bermanfaat sebagai sirkulasi udara, untuk menghindari rumah terasa pengap karena aliran udara yang tak lancar. Desain void yang luas cocok diterapkan untuk konsep rumah tropis yang mengandalkan sirkulasi udara yang lancar serta pencahayaan alami untuk kenyamanan.

Penerapan void seperti inilah yang ada di rumah yang terletak di kawasan Pulomas, Jakarta Timur ini. Menariknya, area void dibuat menyatu dengan halaman belakang sehingga memberi kesan lapang pada rumah. Bukan cuma sirkulasi udara dan pencahayaan alami, penghuni pun bisa dengan bebas menikmati vista halaman belakang.

Meski terbuka, pemilk rumah mengaku selama ini risiko tampias jarang terjadi, kecuali angin berhembus sangat kuat. Karena itu pemilik rumah melakukan beberapa antisipasi tampias. Antara lain pemasangan kerai di area tangga serta pembuatan kolam ikan di ruang makan. Kolam ikan ini juga menambah kecantikan taman belakang.

Gemercik suara air yang bisa terdengar dari ruang makan hingga ke lantai 2 membawa suasana ketenangan buat pemilik rumah dan siapa pun yang berkunjung. Tak lepas dari konsep tropis, pemilik pun memilih lantai kayu solid sebagai penutup lantai di sekitar kolam ikan. Lantai kayu solid menutup hampir ke seluruh ruang makan. Sementara di ruang lainnya lantai ekspos menjadi pijakan.

Perbedaan jenis lantai ini juga yang menjadi pembeda fungsi ruang, menggantikan peran partisi atau dinding pemisah. Suasana rumah ini makin asri lagi berkat taman belakang yang cantik. Penerapan konsep tropis juga hadir di taman mungil ini. Pemilik mencampurkan konsep taman kering dan taman basah. Alasannya agar perawatan taman relatif lebih mudah lewat taman kering, namun pilihan jenis tanaman bisa lebih banyak pada bagian taman basah.

Majalah Idea dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI