Serasa berlibur setiap hari

Majalah Idea - Edisi 184
3 September 2018

Majalah Idea - Edisi 184

Ruang inilah yang menjadi ruang favorit sang pemilik rumah. Area ini cocok digunakan sebagai tempat bersantai saat sore hari sekaligus tempat bermain si kecil. / Foto : ADI NUGROHO

Idea
Ulung Purwodanta dan Hanica Relingga Dara Ayu beberapa kali singgah ke kota Yogyakarta dan Bali. Mereka pun mencoba beberapa resor di kota tersebut sebagai tempatnya menginap.

Sekali dua kali menginap, keduanya ternyata jatuh hati pada sebuah resor yang berkonsep natural dan eksotis khas rumah tropis. Saat membangun hunian, konsep natural resort yang ada pada penginapan tersebut akhirnya mereka gunakan sebagai inspirasi.

Untuk mewujudkan rumah impiannya, Dara, sang pemilik rumah, menemukan banyak kesulitan. “Saya sangat menyukai taman dan ruangan terbuka. Tapi kenyataannya, rumah yang saya tempati sangat jauh dari hal tersebut. Jadi harus dibangun ulang,” ujarnya.

Yogyakarta sebagai lokasi hunian juga ternyata menjadi kendala. “Proses pembangunan hampir memakan waktu 7 bulan. Saya harus mengambil beberapa material dari Jakarta, karena beberapa material tidak kami temukan di Yogyakarta,” kisah ibu satu anak ini.

Sebagai dekorasi, banyak unsur lokal yang dihadirkan di hunian ini, mulai dari batik, wayang, dan material rotan. Rupanya, hal tersebut ada tujuannya. “Saya ingin menanam kecintaan anak saya terhadap budaya Indonesia. Ketika saya kecil, saya berada di lingkungan yang cinta budaya.

Saya pun ingin menciptakan suasana masa kecil saya dengan menimbulkan efek nostalgia. Selain itu, beberapa kali saya melihat beberapa ‘konsep natural’ terlalu mengedepankan budaya ‘orang luar’.

Saya orang Indonesia, maka saya menggunakan konsep natural dengan kearifan lokal,” cerita wanita penyuka warna biru ini. Tidak hanya itu, hunian ini juga dihiasi beberapa mural karya dari Tempa, Rara Kuastra dan Putud Utama, yang berhasil menjadi pemikat mata.

Majalah Idea dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI