Tampilkan di aplikasi

Memanfaatkan alam dengan teknik modern

Majalah Idea - Edisi 185
26 September 2018

Majalah Idea - Edisi 185

Ren menyebut rumah Bintaro adalah bangunan rendah emisi. Saat perancangannya, sang pemilik ingin memiliki hunian yang ramah lingkungan dan rendah emisi karbondioksida. / Foto : DOK. STUDIO ARSITEKTROPIS

Idea
Tinggal di wilayah beriklim tropis menuntut pemilik rumah untuk pintar-pintar bersiasat sehingga rumahnya tak terasa panas dan tahan menghadapi iklim tropis. Selain memanfaatkan unsur alam sebagai sumber pencahayaan dan pengudaraan alami untuk ruang, bangunan pun harus mampu merespons alam dengan baik.

Ren Katili, arsitek dari Studio Arsitektropis, mengatakan bahwa konsep rumah tropis untuk hunian di Indonesia akan selalu ada. Sebab, Indonesia termasuk negara yang beriklim tropis dan dikategorikan tropis lembap karena curah hujannya yang cukup tinggi. Konsep hunian tropis banyak diaplikasikan karena mampu memberi pengudaraan dan pencahayaan alami yang maksimal untuk menunjang kenyamanan suatu hunian.

Selain itu, hunian dengan konsep tropis akan membuat bangunan tersebut tahan dengan tingginya suhu dan kelembapan udara di lingkungan tersebut. Ren mengungkapkan, ke depannya, aplikasi rumah tropis bukan memenuhi kebutuhan kenyamanan semata. Namun, konsep desain ini juga makin banyak digunakan lantaran mampu menjawab masalah-masalah yang muncul.

“Contohnya saja dari beberapa proyek yang kami kerjakan. Kebanyakan klien datang ke kami untuk meminta saran dan mencari solusi bagaimana agar rumahnya terasa adem, bisa merespons alam dengan baik, dan hemat energi. Sesuai dengan iklim yang kita miliki, desain rumah tropis pun dipilih dan menjadi solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut,” kata lulusan Institut Tropen Technologie, University of Applied Sciences Cologne, ini.

Teknologi Modern Pada aplikasinya, konsep arsitektur tropis yang akan banyak diterapkan adalah aristektur tropis modern. Modern dalam hal ini adalah desain atau material yang digunakan diolah dengan metode terbaru. Jadi, rumah tropis yang biasanya dibangun dengan cara-cara tradisional justru sudah berubah menjadi rumah tropis yang modern. Baik tampilan ataupun material yang digunakan, rumah tropis modern masa kini mengitkut perkembangan zaman dan kemajuan teknologi di bidang rancang bangun.
Majalah Idea di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI