Tampilkan di aplikasi

Sejuta penyimpanan di lahan 120 M2

Majalah Idea - Edisi 187
29 November 2018

Majalah Idea - Edisi 187

Panel TV terbuat dari tripleks dengan finishing hpL dan dikerjakan dengan sistem laser cut. pola yang dihasilkan menjadi focal point pada area ini. / Foto : Ligra photography

Idea
Karakter klien yang detail terhadap hal-hal kecil membuat sang desainer interior, Steven Tanzil dari Koerie Design, membangun apartemen yang tak biasa. Dari pengenalan karakter kliennya tersebut, Steven kemudian menerjemahkannya dengan mewujudkan penyimpananpenyimpanan di setiap sudut apartemen ini.

“Klien menginginkan hunian yang serba fungsional dan easy to use sehingga kami menghadirkan furnitur-furnitur yang dibuat custom dan built in,” ujar Steven. Sebagian furnitur yang digunakan pun didesain sendiri oleh Koerie Design menyesuaikan dengan area yang tersedia. Steven merenovasi apartemen ini menjadi sebuah hunian dengan memanfaatkan furnitur-furnitur custom yang fungsional.

Mulai dari ruang keluarga, hingga kamar tidur, semua sudut dimanfaatkan sebagai penyimpanan. Desainer interior memaksimalkan ruangan dengan membuat rak-rak yang digunakan sebagai tempat pakaian, buku, dan lain-lain. “Proses pembangunan dilakukan dengan fitout atau renovasi secara parsial, yakni mengisi perlengkapan furniture built in dan lepasan. Tidak ada pekerjaan sipil seperti mengubah posisi dinding, dan lain-lain,” cerita Steven.

Semua penyimpanan di apartemen ini didesain terbuka atau open storage. Kabinet di area TV misalnya. Rak yang dibuat dengan finishing HPL ini difungsikan sebagai penyimpanan buku, vas bunga, dan bingkai foto. “Sebenarnya owner ingin semua serba organized, baik dari penyimpanan yang sifatnya privasi ataupun publik. Karena ia beranggapan bahwa households sehari-hari dapat dijadikan unsur estetika juga apabila diletakkan dengan teratur,” ujar Steven.

Penggunaan furnitur terbuka bukan tanpa alasan. Steven menjelaskan, dengan furnitur ini, barang jadi mudah dicari dan memaksa pemilik untuk selalu rapi sebab area penyimpanan langsung terlihat tanpa penutup. Selain menghemat tempat, furnitur terbuka juga dapat menambah keindahan ruang.
Majalah Idea di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI