Tampilkan di aplikasi

Inspirasi dari komik & kartun Jepang

Majalah Idea - Edisi 194
28 Juni 2019

Majalah Idea - Edisi 194

Karena ukuran ruang terbatas, Riza dan Atit tidak menggunakan lemari besar yang memakan tempat. Sebagai solusi, pakaian hanya digantung pada ceruk dinding.

Idea
Inspirasi membangun rumah bisa datang dari mana saja. Contohnya pasangan Riza Harumukti dan Astri Puji Lestari. Berawal dari kegemarannya membaca komik dan nonton anime Jepang, Atit, panggilan akrab Astri, terinspirasi dengan gaya rumah tinggal khas Jepang yang berkesan clean.

Setelah kunjungannya ke Muji House, Yurakucho, Jepang, 2011 lalu, Atit semakin mantap berniat punya rumah dengan konsep seperti di komik-komik yang ia baca. Menurutnya, konsep tersebut cocok diterapkan di lahan rumah yang saat ini sudah semakin terbatas.

Membangun dari Nol Riza dan Atit, yang mengawali kisah keluarga kecil mereka di sebuah rumah indekos, mulai mencari lahan terbaik yang sesuai bujet. Setelah menghabiskan waktu 5—6 bulan, pilihan mereka pun jatuh pada lahan kosong seluas 65 m2 di Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Proses pembangunan rumah mungil mereka, yang juga terinspirasi karya-karya arsitek dan desainer Jepang seperti Kenya Hara, Nobuhiro Suzuki, dan Iizuka Yutaka, dimulai pada Januari 2017 dan memakan waktu 4,5 bulan. Desain bangunan rumah dikerjakan langsung oleh Atit yang memang berprofesi sebagai arsitek.

“Hal yang paling menarik adalah kami benar-benar mengikuti semua prosesnya dari nol dan ini pertama kalinya saya dan Riza mengurus sesuatu yang besar bersama. Menyiasati bujet yang minim, luasan tanah yang kecil, waktu yang terbatas, dan keinginan yang super banyak adalah hal yang sangat menarik untuk didiskusikan dengan Riza,” ujar lulusan ITENAS Bandung ini.

Form Follow Function Rumah-rumah di Jepang memang identik dengan segala sesuatu yang simpel dan multifungsi. Inilah yang kemudian diterjemahkan Atit ke dalam desain huniannya dengan menerapkan konsep “form follow function”. “Teori ini yang menginspirasi saya untuk mendesain, ketika semuanya berangkat dari kemampuan dan kebutuhan,” jelasnya.
Majalah Idea di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI