Tampilkan di aplikasi

Tetap nyaman di rumah mungil

Majalah Idea - Edisi 198
31 Oktober 2019

Majalah Idea - Edisi 198

Ruang keluarga sekaligus ruang tidur menggunakan kehadiran sofabed yang multifungsi.

Idea
Zaman sekarang, punya rumah mungil atau rumah berukuran kecil itu biasa, utamanya di kota-kota besar. Penerapan konsep “micro living” akan menjadikan rumah mungil tetap nyaman. Konsep adanya 2 konsekuensi bagi seseorang saat memiliki rumah mungil (rumah berukuran kecil). micro living menjelaskan Dari sisi desain, keterbatasan lahan pada rumah mungil, tidak memungkinkan dibuat satu ruangan untuk satu fungsi.

Berarti dari sisi pemanfaatan ruang, haruslah multifungsi. Satu ruang dipakai bersama, di mana untuk mewujudkannya perlu desain yang kompak. Layout dan pemilihan isi rumah pun harus efisien, inovatif, dan smart. Terkait furnitur misalnya, tak disarankan membeli jadi. Kalaupun membeli furnitur yang sudah jadi, paling memungkinkan jenis loose furniture (furnitur lepasan tidak per set).

Desain pun multifungsi. Semakin banyak fungsi furnitur, semakin baik dengan tetap memerhatikan segi kemudahan dalam pemakaian dan tentu saja harga yang terjangkau.Inovasi desain yang luar biasa diterapkan untuk menciptakan furnitur yang dasyat. Misalnya lemari multifungsi yang berisi lemari pakaian, rak buku, meja kerja, tangga naik ke atas, dapur kecil, hingga meja makan lengkap dengan kursinya. Atau bangku kecil yang dapat berubah menjadi coffee table lengkap dengan 4 kursinya.

Penerapan konsep micro living dalam hal pemanfaatan ruang memiliki arti, sebisa mungkin tidak ada ruang yang terbuang sia-sia. Untuk menangani ruang jenis ini dibutuhkan ide kreatif dan inovasi desain yang smart atau pintar, dapat diterapkan dan dengan harga yang terjangkau. Walaupun harus diakui, investasi desain dengan harga yang lebih tinggi dapat menghasilkan pemanfaatan ruang yang lebih efisien, maksimal, dan representatif.
Majalah Idea di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI