Tampilkan di aplikasi

Ruang keluarga jangan seperti sauna

Majalah Idea - Edisi 199
28 November 2019

Majalah Idea - Edisi 199

Lokasi kediaman Fransisika Lili Lestari, Cinere, Jakarta selatan • Arsitek Fransiska Lili Lestari

Idea
Jika Anda merasa kegerahan bak berada di sauna, bisa jadi desain ruang keluarga Anda salah sejak awal. Kondisi ruangan yang panas dan pengap bak di sauna akan “menyiksa” siapapun yang ada di dalamnya. Jangankan berlama-lama, baru beberapa detik saja, Anda bisa langsung menyingkir ke ruang yang lebih adem. Lantas, bagaimana jika kondisi ini terjadi di ruang keluarga?

Fungsi ruang keluarga sebagai tempat berkumpul dipastikan takkan tercapai. Semua anggota keluarga tak akan betah untuk tinggal berlama-lama di ruang ini. Biasanya, kondisi ruang yang pengap dan panas memaksa orang untuk menaruh Air Conditioner (AC) di dalam ruang. Tujuannya, agar panas dan pengap ini menyingkir seketika. Efektifkah? Untuk beberapa waktu, mungkin efektif.

Hanya, perlu diketahui bahwa kondisi ruang yang terlalu panas dan pengap dapat membuat sistem kerja AC menjadi berat. Komponen AC pun akan mudah rusak. “Walau menggunakan AC, sirkulasi udara di dalam ruang harus tetap terjaga baik. Udara juga butuh pertukaran agar ruang tetap sehat,” ucap Ir. Djunaedi Sutjipto, General manager PT Graha Berkat Trading, AC merek Mitsubishi.

Di sisi lain, walau banyak AC yang sudah dibuat hemat energi, menghidupkan AC sepanjang waktu tetap saja pemborosan. Biaya pengeluaran listrik pun semakin besar. Apa sih penyebab ruang menjadi pengap dan panas? Bagaimana solusinya agar panas dan pengap di ruang keluarga menyingkir sehingga nyaman dipakai sebagai tempat berkumpul? Ini dia beberapa masalah dan solusinya.

Pengap. Sirkulasi udara yang baik merupakan kunci untuk mendapatkan ruang keluarga yang tak pengap dan panas. Artinya, rumah harus memiliki lubang ventilasi. Ketiadaan lubang ventilasi juga memengaruhi kelembapan ruang. Furnitur, perkakas, atau apapun yang disimpan di dalamnya akan mudah berjamur. Solusi. Idealnya, ada 2 lubang sirkulasi di 2 dinding yang berlawanan di dalam satu ruang keluarga. Tujuannya, agar udara dapat mengalir.
Majalah Idea di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI