Tampilkan di aplikasi

Padukan warna dengan tepat

Majalah Idea - Edisi 199
28 November 2019

Majalah Idea - Edisi 199

Ruang keluarga mungil membutuhkan pencahayaan yang terang. Selain lampu dinding sebagai lampu general, lampu gantung pun perlu ditambahkan untuk menambah pencahayaan.

Idea
Salah satu fungsi warna pada ruangan adalah memanipulasi kesan luas atau sempit. Paduan yang tepat dapat membuat ruang terlihat lebih luas, sekalipun Anda membubuhkan warna gelap di dalamnya. Selain mempercantik ruangan, warna juga berfungsi untuk memanipulasi ruang luas ruang. Padu-padan warna yang tepat dapat membuat ruang kecil tampak lebih luas. Anda dapat memainkan warna tak hanya pada dinding atau lantai, tetapi juga pada furnitur. Agar sukses dalam memadukan warna di ruang keluarga mungil, simak beberapa tips dari Pramita Aninditya Kusuma, Head of Design Informa berikut ini.

Mengatur komposisi warna menjadi hal penting sebelum Anda mengaplikasinya pada ruang keluarga di rumah. Komposisi warna yang dimaksud adalah racikan warna gelap dan warna terang yang akan diaplikasikan pada ruangan. Menerapkan warna terang yang lebih dominan dapat menjadi solusi mudah untuk mengatasi ruang keluarga mungil, misalnya pada kabinet TV, lukisan, dan dinding. Nah, untuk warna gelap bisa ditampilkan melalui gorden atau furnitur. Agar tampilan ruang tampak luas, Anda dapat menggunakan komposisi warna cerah 60% dan warna gelap 40%.

Tampilkan warna putih, Apabila penghuni rumah menyukai ruang keluarga dengan dominan warna gelap, warna putih harus tetap Anda lakukan untuk membantu pencahayaan di ruangan. Warna putih ini bisa diaplikasikan pada plafon, cabinet, atau ornamen dekorasi ruangan seperti keramik pajangan, cushion, lampu gantung, atau lukisan.

Sisipkan warna kayu, warna kayu tak hanya menimbulkan suasana natural di suatu ruangan, tetapi juga memberikan ketenangan dan kenyamanan pada anggota keluarga saat berkumpul. Warna kayu bisa Anda dapatkan melalui lantai parket dan tempat penyimpanan pada kabinet TV. Selain itu, coffee table dan sofa dengan material berbahan kayu pun bisa menjadi pilihan untuk menyisipkan warna kayu di ruang keluarga mungil.
Majalah Idea di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI