Tampilkan di aplikasi

Kaca polos vs kaca tempered, perhatikan ukuran dan kebutuhan!

Majalah Idea - Edisi 199
28 November 2019

Majalah Idea - Edisi 199

Kaca selalu berhasil membuat hunian tampil modern dan futuristik. Tapi, sebaliknya bila salah pilih kaca dan ukuran, hunian bisa kacau dibuatnya. / Foto : arif budiman

Idea
Sifatnya yang tembus pandang membuat kesan ruang tampak lebih luas karena view (pemandangan) dari luar bisa terlihat,” ucap Yohannes Yulianto, penyedia kaca tempered dari Yuliaglass. Yohannes bukan satu-satunya pengusaha kaca yang merasakan dampak ketenaran kaca. Otniel Hia, pemilik Owan Glass Spesialis Kaca & Kusen Alumunium, pun membenarkan hal tersebut. “Kaca itu mampu memberikan kesan modern dan membuat hunian tampil lebih berkelas,” ucapnya.

Memang, material kaca selalu berhasil memberikan kesan modern dan futuristik pada hunian. Terlebih efek yang diciptakan kaca dapat membuat hunian sempit tampil lebih luas. Efek inilah yang banyak disukai pemilik rumah dan para profesional. Permintaan pasar terhadap kaca pun terus bertambah. Otniel juga mengungkapkan, selain dapat memberi kesan modern pada hunian, kaca juga dapat menjadi aset pemilik rumah tersebut karena sifat kaca yang fleksibel, yakni mudah dipindahtempatkan.

“Kalau pindah rumah, cukup lepas saja kaca dari rangkanya kemudian pindahkan ke lokasi baru. Simpel dan mudah,” ujarnya lagi. Kaca Polos atau Tempered? Saat ini, material transparan ini hadir dalam beragam jenis dan ketebalan yang dapat diaplikasikan baik untuk rumah tinggal maupun gedung-gedung bertingkat. Namun, jenis kaca polos (float glass) dan kaca tempered (tempered glass) adalah jenis kaca yang paling banyak diaplikasikan untuk hunian.

Kaca polos adalah jenis kaca transparan yang memiliki sifat bersih dan bebas distorsi. Kaca polos tidak berwarna sehingga mampu meneruskan cahaya lebih dari 90% ke dalam ruangan. Yohannes mengatakan, kaca polos dapat diaplikasikan untuk segala jenis penggunaan yang tidak bergerak, seperti partisi/penyekat, kaca etalase, kaca furnitur, akuarium, dinding dekorasi, tabletop, lemari, dan sebagainya.
Majalah Idea di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI