Tampilkan di aplikasi

Akun digital antihack gratis

Majalah Infokomputer - Edisi 5/2017
18 Mei 2017

Majalah Infokomputer - Edisi 5/2017

Apa jawaban Anda jika ditanya tentang pengamanan utama yang Anda gunakan untuk melindungi akun digital Anda seperti Facebook, Gmail, twitter dan lainnya?

Infokomputer
Dari sisi kepraktisan memang hal ini banyak dilakukan. Namun, alih-alih melindungi banyak akun dengan kata kunci yang berbedabeda, Anda malah bisa terkunci sendiri oleh banyaknya kata kunci yang Anda buat karena lupa. Belum lagi banyak praktisi sekuriti dan saran dari penyedia layanan digital yang meminta Anda mengganti kata kunci secara teratur secara berkala. Ini makin membuat Anda sulit mengingat kredensial semua akun digital Anda.

Apalagi jika akun yang Anda miliki adalah akun yang memiliki nilai ekonomi tinggi seperti akun Facebook dengan teman dan follower yang banyak atau akun Twitter verifi ed. Ini makin membuat peretas tertarik untuk mengambilalih akun tersebut seperti yang pernah terjadi pada akun Twitter verifi ed salah satu lembaga Pemerintah Indonesia. Lalu bagaimana seharusnya menyikapi fenomena ini dan apa solusi dari masalah ini?

Mungkin luput dari perhatian kita bahwa pengamanan dengan kata kunci pada saat ini dapat dikatakan sudah usang. Ada banyak cara dan kemungkinan kata kunci tersebut bisa diketahui oleh peretas. Jangankan kata kunci yang tidak pernah diubah, kata kunci yang diganti secara teratur juga bisa diketahui oleh peretas dengan mudah.
Pencurian kata kunci bisa menjadi metode yang mudah seperti menebak-nebak tanggal ulang tahun anak, nama pasangan, atau hari ultah perkawinan.
Majalah Infokomputer di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI