Tampilkan di aplikasi

Hadapi tren Smart Office

Majalah Infokomputer - Edisi 11/2017
10 November 2017

Majalah Infokomputer - Edisi 11/2017

Seperti apa gambaran lingkungan kantor dua puluh tahun dari sekarang dalam benak anda? apakah ruangan-ruangan kantor tetap ada ataukah kita akan lebih memilih ruangan pribadi dibandingkan berkantor di kantor pusat?

Infokomputer
Menurut Dell and Intel Future Workforce Study 2016, hampir separuh pekerja (45%) di wilayah Asia Pasifi k dan Jepang (APJ) berharap dalam lima tahun ke depan mereka dapat bekerja di sebuah smart office yang menawarkan Internet of Things dan berbagai teknologi lainnya.

Hal ini menunjukkan bahwa meski gelombang teknologi baru, terutama teknologi kecerdasan buatan atau Artifi cial Intelligence (AI), membuat para pekerja khawatir, tapi sebagian besar pekerja justru sangat mengharapkan teknologi mengambil peran yang lebih besar di tempat kerja.

Apakah Anda terkejut dengan rentang waktu lima tahun? Tak diragukan lagi harapan para pekerja tersebut akan mengejutkan banyak perusahaan dalam beberapa tahun ke depan, apalagi karena sekitar 42% generasi millennial di wilayah APJ menyatakan mereka tidak ragu mundur dari pekerjaannya jika fasilitas teknologi yang disediakan perusahaan tidak memenuhi standar.

Meski terkesan ironis mengingat dampak AI kepada para pekerja, perusahaan punya dua pilihan, yakni menyediakan lingkungan smart offi ce atau mengambil risiko kehilangan karyawan terbaiknya. Apa Itu Smart Office? Ada empat hal utama yang harus diperhatikan perusahaan terkait dengan makin populernya smart office, yaitu:

1. Smart office membuat pekerja menjadi lebih cerdas Memang sebagian pekerja (23%) khawatir mereka akan digantikan atau bergantung pada kecerdasan buatan. Namun, satu dari lima responden (21%) di APJ menyatakan, mereka berharap dapat menggunakan AR/VR (Augmented Reality/ Virtual Reality) untuk memperkaya keterampilannya, dan jumlah responden yang sama (21%) menyatakan, visualisasi 3D melalui AR/VR membantu mereka mendapatkan ide-ide baru atau menyelesaikan masalah.

2. Smart office adalah ekosistem yang sangat terintegrasi dan mengerti kebutuhan pekerja, lebih dari sepertiga pekerja sangat antusias terhadap kesempatan memanfaatkan IoT. Mereka bisa terhubung dengan berbagai perangkat secara nirkabel dan menganalisis data secara real time.
Majalah Infokomputer di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI