Tampilkan di aplikasi

Ketika Gojek online jadi pesaing bank

Majalah Infokomputer - Edisi 01/2018
11 Januari 2018

Majalah Infokomputer - Edisi 01/2018

Go-Jek dan Grab kian serius menggarap layanan uang digitalnya. Perlukah industri perbanjan khawatir.

Infokomputer
Dengan lokasi kantor di Kuningan yang dikepung titik kemacetan, menggunakan ojek online adalah hal rutin yang dilakukan Ajeng. Namun ada pola berbeda yang mewarnai interaksinya dengan ojek online. Dalam enam bulan terakhir, ia lebih banyak menggunakan Go-Pay dibanding uang tunai. “Soalnya jadi gak repot cari uang pas” ucap wanita ramah ini.

Apalagi dalam satu hari, ia mengaku bisa menggunakan jasa ojek online berkali-kali. “Bayangin susahnya cari uang recehan” tambah Ajeng. Kenyamanan juga dirasakan Ajeng saat melakukan top-up. “Banyak bank sudah support, dan saya bisa top-up di ATM, e-banking, atau m-banking” tambah Ajeng. Cerita Ajeng di atas bisa menggambarkan bagaimana Go-Pay kini menjadi bagian penting penggunaan uang digital Indonesia saat ini.

Berdasarkan data Go-Jek, 30% transaksi e-money di Indonesia terjadi di platform Go-Pay. Pengguna Go- Jek juga mulai memanfaatkan fasilitas transfer uang di dalam Go-Pay. Per November 2017 kemarin, setidaknya Rp.570 juta mengalir dari pengguna Go-Jek di Jabodetabek ke berbagai daerah di Indonesia. Sepak-terjang Go-Pay ke depan dipastikan akan semakin masif.

Hal ini tercermin dari langkah mereka mengakuisisi tiga perusahaan bidang keuangan awal Desember kemarin, yaitu Midtrans, Kartuku, dan Mapan. Selama ini, ketiga perusahaan tersebut memproses total transaksi lebih dari Rp67,5 triliun per tahun melalui kartu kredit, debit, maupun dompet digital.

Nadiem Makarim (Chief Executive Offi cer Go-Jek) mengatakan akusisi ini menjadi lompatan besar Go-Jek untuk menguasai teknologi multiplatform yang fokus pada pembayaran digital. Ia berharap Go-Pay bakal terus memimpin industri jasa dompet digital dan proses pembayaran independen.
Majalah Infokomputer di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI