Tampilkan di aplikasi

Empat tren utama pemasaran digital 2018

Majalah Infokomputer - Edisi 01/2018
11 Januari 2018

Majalah Infokomputer - Edisi 01/2018

Digital marketing di tahun ini akan kian menarik. Infrastruktur jaringan internet 4G yang meluas akan mendorong perluasan jumlah pengguna paket data.

Infokomputer
Ada beberapa tren yang akan marak di 2018, di mana tren pemasaran digital tidak bisa lepas dari kesiapan infrastruktur, yaitu kecepatan koneksi internet. Digital marketing juga dipengaruhi oleh gawai (gadget) yang digunakan oleh sebagian besar konsumen. Berikut empat tren pemasaran digital yang akan terjadi di tahun 2018 ini.

1. Video Live Streaming. Koneksi internet yang lebih stabil dan cepat akan mendorong lebih banyak aktivasi menggunakan live streaming, hal ini juga dimungkinkan dengan hampir semua media sosial yang populer seperti Facebook, Twitter, Youtube, hingga Instagram mempunyai fitur live streaming.

Live streaming membuat integrasi pemasaran digital dan kegiatan below the line (BTL) menjadi lebih ampuh. BTL punya kekuatan interaksi yang sangat bagus, dan lebih diingat oleh konsumen, tapi jangkauannya terbatas.

Dengan adanya kemampuan live streaming, jangkauan program BTL bisa menjadi sangat luas, dan interaktif Kegiatan live streaming tidak hanya akan berhenti sampai dengan live streaming menggunakan ponsel, tetapi juga menggunakan kamera profesional sehingga kualitas gambar yang dihasilkan lebih bagus.

2. Augmented reality (AR) juga diperkirakan akan makin menjamur di tahun ini. Saya melihat beberapa brand yang sudah bersiap meluncurkan AR tahun ini. Hal ini dimungkinkan karena penetrasi ponsel pintar sudah semakin besar, dan spesifikasinya juga lebih mumpuni, sehingga bisa memproses AR yang membutuhkan spesifikasi gawai cukup tinggi.

3. Virtual Reality. Tahun 2017 lalu didominasi oleh booming video, maka saya memprediksi tahun ini pemasaran digital akan lebih dari sekedar video. Virtual reality (VR) akan semakin booming karena konsumen membutuhkan pengalaman yang lebih “wow”. Di sisi lain perangkat untuk menikmati video VR pun juga makin murah, dan vendor yang bisa membuat video dengan VR ini semakin banyak.
Majalah Infokomputer di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI