Mata uang alternatif Bitcon paling menjanjikan

Majalah Infokomputer - Edisi 03/2018
5 Maret 2018

Majalah Infokomputer - Edisi 03/2018

Hingga saat ini, Bitcoin menjadi mata uang digital paling banyak diburu dan memiliki nilai yang paling tinggi.

Infokomputer
Hingga saat ini, Bitcoin menjadi mata uang digital paling banyak diburu dan memiliki nilai yang paling tinggi. Meski demikian, sebenarnya ada ribuan jenis mata uang digital yang beredar saat ini. Dari sekian banyak, hanya beberapa diantaranya yang menjanjikan dan banyak diincar oleh para pemburu mata uang digital. Berikut diantaranya:

1. Ethereum merupakan pesaing terdekat Bitcoin berdasarkan nilai pasar yang dimilikinya. Menurut data CoinMarketCap akhir Februari 2018, nilai pasar Ethereum mencapai US$ 84 miliar dengan nilai per kepingnya yaitu US$866. Ini menjadikan Ethereum memegang pasar terbesar kedua setelah Bitcoin.

Meski dibuat oleh Vitalik Buterin, seorang programmer dan penulis di Bitcoin Magazine, proyek Etherium dikerjakan oleh sebuah lembaga Etherium Foundation yang berlokasi di Swiss.

Ethereum berfungsi sebagai sebuah token yang mesti digunakan oleh para developer untuk mengoperasikan software atau sistem teknologi mereka dalam platform Ethereum. Namun demikian, ether, unit mata uang Ethereum, tetap memiliki nilai tukar yang dapat diperdagangkan dengan cryptocurrency lainnya seperti Bitcoin, Ripple, Dash, dan lainnya.

2. Ripple, Dirilis pada tahun 2012, Ripple atau dikenal juga dengan XRP, merupakan mata uang digital yang awalnya dikembangkan secara tertutup oleh Ripple Network untuk membuat sistem pembayaran yang aman, mudah, dan cepat. Salah satu tujuannya sebagai solusi bagi pembayaran internasional yang memerlukan waktu lama dengan biaya yang sangat tinggi.

Ini dikarenakan transaksi dengan XRP dapat diselesaikan dalam empat detik, lebih cepat daripada cryptocurrency lain yang ada saat ini. Fokus di pasar perbankan, kini sistem Ripple telah diintegrasikan ke beberapa bank dan jaringan pembayaran untuk mengurangi biaya. Kapitalisasi pasar Ripple saat ini ialah US$ 234 juta.

Majalah Infokomputer dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI