Content marketing di algoritma baru Facebook

Majalah Infokomputer - Edisi 03/2018
5 Maret 2018

Majalah Infokomputer - Edisi 03/2018

Saat Facebook memilih memberikan porsi lebih besar untuk teman, keluarga, dan grup, bagaimana nasib postingan milik brand?

Infokomputer
Ada yang menarik dari Facebook barubaru ini. Dalam pernyataan resmi yang diungkap Mark Zuckerberg, media sosial berlogo huruf F ini berencana mengubah algoritmanya. Seperti biasa, perubahan ini dilakukan agar bisa memberikan pengalaman lebih menyenangkan bagi pengguna Facebook.

Sebenarnya, yang dilakukan Mark dan timnya memang menyenangkan untuk pengguna Facebook. Namun, tidak semua warga FB merasa senang. Beberapa brand yang menggunakan FB sebagai media bersosialisasi merasa khawatir perubahan ini berdampak pada strategi komunikasi mereka. Apa sebenarnya yang diubah oleh FB hari ini? Apakah semengerikan itu untuk brand? Secara spesifik, inilah inti perubahan algoritma tersebut.

“You’ll see less public content like posts from businesses, brands, and media. And the public content you see more will be held to the same standard it should encourage meaningful interactions between people.” Wajar kalau brand lantas kebakaran jenggot. Mark secara spesifi k menilai konten berbau bisnis kurang disukai pengguna Facebook.

Hal inilah yang akan dikurangi ketika Facebook mengubah algoritmanya dalam waktu dekat. Semua posting yang berbau brand akan dikurangi, tidak peduli apakah pengguna itu sudah memberikan like pada halaman bisnis atau brand tertentu. Artinya, akan lebih sedikit konten brand, bisnis, dan berita-berita ala Buzzfeed yang bisa terlihat. Halaman Facebook kita akan lebih banyak dipenuhi gambar-gambar dari teman, keluarga, dan grup yang kita ikuti.

Majalah Infokomputer dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI