Tampilkan di aplikasi

Ketika konvensional dan modern bertemu

Majalah Infokomputer - Edisi 12/2018
30 November 2018

Majalah Infokomputer - Edisi 12/2018

Permasalahan di industri tradisional seperti pertanian bisa diatasi menggunakan teknologi modern. Hal itulah yang dilakukan Hara yang mencoba mengangkat harkat petani menggunakan blockchain.

Infokomputer
Salah satu permasalahan di dunia pertanian adalah kurangnya data dan informasi terkait aktivitas pertanian. Padahal informasi ini penting untuk memahami karakteristik pertanian di Indonesia, termasuk menyusun strategi ke depan. “Jadi kami melihat, bagaimana mungkin kami bergerak di bidang pengolahan data pertanian, mencoba mencari solusinya, namun datanya saja tidak akurat,” ujar Regi Wahyu.

Regi sendiri adalah pendiri dan CEO Hara Token, perusahaan yang menyediakan platform pertukaran data (data exchange) di sektor pangan dan pertanian. Platform ini menghubungkan semua pihak terkait di sektor pertanian, mulai dari penyedia data (data provider), penilai data (data qualifier), sampai pembeli data (data buyer).

Manfaatkan Blockchain Semua data tersebut disimpan di sistem blockchain yang dilengkapi cryptocurrency bernama Hara Token. Hara Token ini akan diposisikan sebagai intensif bagi pihak yang ingin berkontribusi kepada platform ini. Di bulan September 2018 ini, Hara telah melakukan pre-sale sebagai ajang pengumpulan modal untuk pengembangan Hara ke depan.

Model bisnis Hara sendiri adalah mendapatkan persentase dari Hara Token yang digunakan data buyer saat mengakses data dari ekosistem. “Pembagiannya 80% ke data provider, 5% ke data storage, dan 15% ke Hara Data Exchange” ungkap Regi. Regi menyebut, tujuan Hara adalah menunjang keputusan berdasarkan data dan informasi yang memiliki daya guna bagi masyarakat luas.

Untuk itulah pihaknya membangun platform ini dengan mengumpulkan tenaga ahli yang berasal dari pemerintah, instansi keuangan, perusahaan data analytics, akademisi, pebisnis, penjual besar, dan organisasi non-profit yang tergabung dalam ekosistem Hara.
Majalah Infokomputer di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI