Tampilkan di aplikasi

Insiden keamanan TI di 2018

Majalah Infokomputer - Edisi 12/2018
30 November 2018

Majalah Infokomputer - Edisi 12/2018

Di tahun 2018 terdapat beberapa insiden keamanan TI yang menarik perhatian. Meski mengalami penurunan, serangan ransomware terhadap korporasi justru meningkat dibandingkan pengguna rumahan.

Infokomputer
Insiden keamanan TI di tahun 2018 didominasi oleh aktivitas malvertising dan adware yang dari sisi kuantitas cukup mendominasi. Ini diikuti oleh program miner yang dipicu oleh melambungnya nilai bitcoin di tahun 2017. Sekadar informasi, malvertising merupakan aktivitas penyebaran malware yang melibatkan jaringan iklan internet online.

Malvertising menjadi favorit dalam penyebaran malware karena mampu menembus perlindungan program keamanan seperti firewall dan program pengamanan lainnya. Dari sisi pembuat malware, mereka tidak perlu repot menginfeksi suatu situs populer. Cukup memanfaatkan jaringan iklan online yang sudah matang, mereka bisa menjangkau para pengguna komputer yang mengakses situs populer itu.

Adware akan muncul dalam berbagai bentuk, seperti pop up yang menyebalkan untuk menakut-nakuti korbannya akan adanya ancaman keamanan yang sebenarnya tidak ada. Tujuannya agar korban menginstal aplikasi tertentu yang akan memberikan keuntungan finansial bagi pembuat adware. Kategori malware di atas cukup mendominasi insiden malware, tetapi tidak mengakibatkan kerugian langsung atau signifikan terhadap korbannya seperti yang diakibatkan oleh ransomware.

Ransomware, walaupun mengalami penurunan dibandingkan tahun 2017, tetapi dari sisi serangan yang diarahkan kepada korporasi justru mengalami peningkatan dibandingkan serangan kepada pengguna komputer rumahan. Hal ini ditandai dengan meningkatnya intensitas serangan ransomware yang mengincar komputer yang RDP (Remote Desktop Protocol), yang kebanyakan memang digunakan untuk kepentingan bisnis.
Majalah Infokomputer di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI