Tampilkan di aplikasi

Manusia vs mesin dalam keamanan siber

Majalah Infokomputer - Edisi 12/2018
30 November 2018

Majalah Infokomputer - Edisi 12/2018

Artificial Intelligence (AI) berada di garda terdepan tsunami teknologi yang akan mentransformasi cara kita hidup dan beraktivitas, termasuk di bidang keamanan siber. / Foto : AndreyPopov /iStock

Infokomputer
Ryan Permeh, Chief Scientist of Cylance, mengatakan, di masa lalu seorang periset antivirus menemukan 10.000 virus sepanjang kariernya. Sekarang, ditemukan lebih dari 700.000 virus per hari. Dapatkah AI menjadi solusi bagi masalah big data dan menjembatani gap antara pekerja di industri cyber security? Apakah AI mampu menambal (patching) semua kekurangan dalam sistem sekuriti? Ataukah AI justru membuat tenaga professional IT mubazir? Namun di luar hype tersebut, setiap bisnis yang ingin menjadi tak lekang oleh zaman harus memertimbangkan aplikasi dan implikasi AI.

Kekuatan Machine Learning Secara tradisi, keamanan siber bergantung pada pattern matching yang berbasis rule (rules-based) atau berbasis signature (signature-based), misalnya antivirus (AV). Periset di perusahaan AV menemukan malware dan membuat signature yang dapat digunakan untuk memeriksa file di endpoint sekiranya cocok dengan signature dari malware yang sudah diketahui. Artinya, kita dapat mendeteksi hanya malware yang sudah dikenal dan sesuai dengan definisi virus atau signature.

Dengan AI, machine learning dapat memberi alternatif selain solusi keamanan siber tradisional. Tanpa bergantung pada code signature, mesin dapat menganalisis perilaku program dan menggunakan machine learning untuk menemukan kecocokan di mana perilaku itu adalah prediksi dari sebuah malicious code.

Deteksi, Prediksi Ancaman Baru dan Kompleks Teknologi konvensional berbasis data masa lalu (pastcentric) dan sangat bergantung pada penyerang dan serangan yang sudah diketahui, sehingga berpotensi timbul blind spot ketika mendeteksi event tidak normal pada serangan-serangan baru. Keterbatasan inilah yang diatasi melalui machine learning.
Majalah Infokomputer di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI