Tampilkan di aplikasi

Inovasi lewat teknologi

Majalah Infokomputer - Edisi 10/2019
1 Oktober 2019

Majalah Infokomputer - Edisi 10/2019

Apsara Conference 2019

Infokomputer
Sebuah kendaraan berlogo Starbucks berjalan perlahan di tengah kerumunan pengunjung Apsara Conference 2019. Di dalam kendaraan tersebut, terdapat minuman siap saji yang bisa dibeli oleh pengunjung. Pembeli tinggal menyorotkan barcode di sisi mobil tersebut, dan kunci pintu akan terbuka.

Pembeli kemudian bisa mengambil botol minuman yang diinginkan, dan sistem di mobil secara cerdas akan menghitung jumlah uang harus dibayarkan. Unmanned vehicle Starbucks ini memang sekadar penghias Apsara Conference 2019, ajang pameran teknologi dan solusi terkini dari Alibaba Cloud.

Namun mobil tersebut sebenarnya menjadi cermin kemajuan teknologi saat ini, yang membuka kesempatan luas bagi pebisnis dalam melayani pelanggannya. Pesan itulah yang coba disampaikan Alibaba dalam acara yang berlangsung di Hangzhou, China, akhir September kemarin. Di depan InfoKomputer dan ribuan peserta konferensi, Daniel Zhang (CEO Alibaba) mengungkapkan digitalisasi akan mengubah tatanan di sisi produsen maupun konsumen.

Perubahan ini kemudian menciptakan new demand sekaligus new supply, yang berarti munculnya peluang bisnis baru. “Kebutuhan pengguna kini dapat diekspresikan, ditemukan, dan dianalisis secara real-time, untuk kemudian secara instan digunakan untuk mendorong perubahan yang meningkatkan permintaan baru dan pasokan baru,” ungkap Daniel Zhang.

Daniel Zhang pun meyakini, prediksi Jack Ma pada tahun 2016 ketika menyebut masa depan akan bertumpu pada 5 New (New Retail, New Finance, New Manufacturing, New Technology, dan New Energy) akan semakin berkembang. “Di masa mendatang akan ada seratus bahkan ribuan tren baru seiring transformasi digital di industri, organisasi, pemerintah, dan sekolah,” tambah Daniel Zhang
Majalah Infokomputer di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI