Tampilkan di aplikasi

Membangun model prediktif yang super, mungkinkah?

Majalah Infokomputer - Edisi 12/2019
2 Desember 2019

Majalah Infokomputer - Edisi 12/2019

Model prediktif

Infokomputer
Model prediktif diperlukan oleh banyak bisnis untuk dapat membantu memperkirakan apa yang terjadi di kemudian hari. Bank misalnya memerlukan model yang dapat mengidentifikasi risiko gagal bayar nasabah setelah persetujuan pembiayaan/pinjaman, atau pelaku pemasaran langsung membutuhkan model yang dapat memprediksi tingkat ketertarikan calon pelanggan terhadap produk/jasa yang akan ditawarkan.

Tidak hanya pada bisnis komersial, model prediktif juga diperlukan perguruan tinggi dalam memprediksi potensi keberhasilan calon mahasiswa. Tentu saja terdapat tuntutan untuk memperoleh model dengan kemampuan prediksi yang sangat baik, yang dinilai dengan berbagai ukuran akurasi. Tujuannya agar manfaat dari model tersebut dapat dirasakan secara optimal oleh organisasi.

Berbagai usaha dilakukan oleh para analis dan data scientist untuk memperoleh model yang demikian. Sebagian orang berupaya mengembangkan algoritme dan pendekatan baru. Sebagian yang lain memfokuskan pada proses feature engineering untuk menghasilkan prediktor yang lebih baik. Selain itu, ada juga yang melakukan proses seleksi model dengan berbagai kriteria dan menerapkan teknik ensemble dengan menggabungkan model dari berbagai algoritme untuk menghasilkan satu prediksi akhir.

Meskipun tidak ada jaminan 100% upaya di atas akan berhasil, tetapi semuanya layak untuk dicoba. Di luar upaya tersebut, pengalaman seorang data scientist juga menjadi faktor penting yang menentukan pemilihan pendekatan yang tepat untuk meningkatkan prediksi dalam waktu yang singkat. Kurangnya pengalaman seorang data scientist dapat menyebabkan proyek yang dikerjakan tidak bisa menghasilkan prediksi yang tinggi dalam tenggat waktu proyek yang biasanya tidak lama.
Majalah Infokomputer di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI