Tampilkan di aplikasi

Menjawab tantangan manajemen data di era digital

Majalah Infokomputer - Edisi 12/2019
2 Desember 2019

Majalah Infokomputer - Edisi 12/2019

Veritas

Infokomputer
Di era digital seperti saat ini, data merupakan bahan bakar baru yang mampu mendorong bisnis bagi setiap perusahaan/organisasi. Sebagai dampaknya, tidak heran bila ledakkan data yang dihasilkan perusahaan akan terus meningkat di setiap waktunya.

Bahkan, lembaga riset IDC memperkirakan bahwa volume data akan tumbuh hingga mencapai 175 zettabyte pada tahun 2025 mendatang. Meski data semakin menjadi perhatian utama lantaran memiliki peran penting, nyatanya mengelola data yang baik masih menjadi tantangan bagi perusahaan.

Sebagai contoh tantangan tersebut yakni dari segi kompleksitas, di mana perusahaan kini harus berurusan dengan data yang tersebar di inti data center (pusat data), cloud computing (komputasi awan), atau lokasi terdistribusi di sistem edge computing (komputasi tepi). Selain itu dari sisi keamanan, yang sering kali terjadinya serangan dari penjahat siber yang mengandalkan ransomware untuk mencuri data penting milik sebuah perusahaan.

Mengenai ransomware, serangan yang mengalami peningkatan sebesar 300% di setiap tahunnya ini selalu dilancarkan dengan cara mengenkripsi data dan kemudian meminta tebusan kepada korbannya (perusahaan). Jika mengacu dari laporan Cyber Security Ventures saja, setiap perusahaan di dunia berpotensi menjadi korban ransomware di setiap 14 detik sekali selama tahun 2019.

Tantangan dalam mengelola data belum berakhir, selain kompleksitas dan keamanan, perusahaan juga harus menghadapi tantangan lain berupa kepatuhan terhadap regulasi (seperti GDPR, PCI DSS, FACTA, dan lainnya) yang terus bertambah. Belum lagi, untuk bisa memenuhi syarat dasar dari regulasi terkait data tersebut, setiap perusahaan harus memastikan bahwa semua data yang mereka miliki terbebas dari dark data (data gelap).
Majalah Infokomputer di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI